๐Ÿ‡ฐ๐Ÿ‡ทKOREANS & JAVANESE CULTURE | ์ธ๋„๋„ค์‹œ์•„ ์ž์™€ ๋ฌธํ™” ๋ฐฐ์šฐ๊ธฐ

15 Mei 2020
173 792 Ditonton

#์ธ๋„๋„ค์‹œ์•„๋ฌธํ™” #Javaneseculture
Hey guys! This time we checked out a new video about Javanese culture, and we learned A LOT of things through this experience. I hope you all have as much fun watching this video as we did! Thank you for your support
Javanese culture Video is from:
idworlds.info/from/rcx2ararfqlih9E/video
Business inquiries
Email: prayer421@gmail.com

Get to know me!
Instagram: @pris421, @dleeyejin
Mau belajar bhs Korea?
Tiktok: @pris.421

Komentar
  • Jawa ni bos๐Ÿ˜‚

    Aprilia mansurotun Nafi'ahAprilia mansurotun Nafi'ah12 jam yang lalu
  • 5:30 marah terus bahkan njir , manggil 2 kali aja udah "apasih" , opoto๐Ÿ˜ญ

    Eno Agissa EEno Agissa EHari Yang lalu
  • Ha ha haaa

    Dodi SumadiDodi Sumadi2 hari yang lalu
  • Kalo google translate jawa menurutku masih kurang tepat. Karena aku orang jawa,aku bisa bedain bahasa jawa yang bener sama yang salah

    DIGDAYA DRAYERDIGDAYA DRAYER2 hari yang lalu
  • Hadir, malang - jawa timur

    Moch Ilham FajarMoch Ilham Fajar2 hari yang lalu
  • Me: Asli wong jowo Yoan..heheh Malang punya๐Ÿ™

    BANG IPPA ChannelBANG IPPA Channel3 hari yang lalu
  • Wong jowo ponorogo hadir๐Ÿ˜‚

    noob gammingnoob gamming3 hari yang lalu
  • Maturnuwun

    Bakri AnwarBakri Anwar3 hari yang lalu
  • Aksara jawa namanya kak

    carrollina Azwacarrollina Azwa3 hari yang lalu
  • Coba belajar bahasa jawa ngapak ka๐Ÿ˜

    Putri MegaPutri Mega3 hari yang lalu
  • Suku jawa di indonesia mayoritas, 80% penduduk indonesia bisa bahasa jawa, Bahasa daerah di indonesia ada lebih dari 700 bahasa, sedang suku yg ada di indonesia lebih dari 200

    Moch SuudiMoch Suudi4 hari yang lalu
  • Malam Jumat Kliwon merupakan malam paling angker

    Eric-Y Gamers ๆ˜Ÿใฎ่ณข่€…Eric-Y Gamers ๆ˜Ÿใฎ่ณข่€…4 hari yang lalu
  • Coba deh belajar bahasa jawa, asik kok. Bahasa jawa yang simpel aja, yang untuk sehari hari

    Widhi NugrohoWidhi Nugroho6 hari yang lalu
  • ngk semua orang jawa baik ya yang aku sering tau itu jawa punya ritual santet jadi parah sih

    shin n.m shifashin n.m shifa7 hari yang lalu
  • gwe orang jawa tingal disunda๐Ÿ˜‚

    shin n.m shifashin n.m shifa7 hari yang lalu
  • segitu terkenal kah๐Ÿ˜‚ sekarang jawa nanti sunda๐Ÿ˜‚ belajar dikit dikit insyaalloh bisa

    shin n.m shifashin n.m shifa7 hari yang lalu
  • suku jawa terdiri 3 kak : jawa tengah : keraton surakarta (kasunanan) , keraton jogjakarta (kasultanan) jawa barat : suku sunda dan bahasanya sunda (ini bs dicari sejarahnya suku sunda dg detil di google ya kak) jawa timur : hampir mirip dg jawa tengah tp banyak yg beda juga arti konsonan sm suku katanya ๐Ÿ˜

    Sisca WirantySisca Wiranty8 hari yang lalu
  • Bali baca : ha na ca ra ka ... Jawa baca : ho no co ro ko ....

    POVlyPOVly8 hari yang lalu
  • Bangga jadi suku Jawa Lampung โค๏ธโค๏ธโค๏ธ

    M. Harun AndriansahM. Harun Andriansah10 hari yang lalu
  • Kalo bahasa Jawa emang ada yang biasa yang biasa digunakan antar teman... Biasanya kalo sama yang lebih tua pakai bahasa Krama, yang lebih sopan...

    Dewi Isriasih RosellalitaDewi Isriasih Rosellalita11 hari yang lalu
  • Aku paling suka kalo pelajaran daerah bagian nulis aksara Jawa...

    Dewi Isriasih RosellalitaDewi Isriasih Rosellalita11 hari yang lalu
  • Kwe ngerti Ra Kwi ngomong op

    Indra ra gamersIndra ra gamers13 hari yang lalu
  • Krn aku itu termasuk gaul juga. Lebih sopan saya. Meski kebanyakan orang Indonesia anggep aku itu udah sopan.

    Miftakhul AzizahMiftakhul Azizah13 hari yang lalu
  • Aku aja yang orang jawa ,,, ngga terlalu bisa bhs jawa๐Ÿ˜ต๐Ÿ˜•

    Tyere JoevaniTyere Joevani18 hari yang lalu
  • Aku sebagai orang Jawa bangga banget

    Desta TataDesta Tata21 hari yang lalu
  • Ok saya mau nambahin info tentang orang jawa, 1. Kulo tiang jawi ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    Javanese ManJavanese Man21 hari yang lalu
  • Saya bangga banget jadi orang jawa๐Ÿ˜ญ

    venti karina dewiventi karina dewi22 hari yang lalu
  • CMIIW! Weton itu perhitungannya bukan kayak zodiak. Kalo zodiak kan dari perhitungan bintang. Kalo weton itu dari hari lahir. Selain tujuh hari dalam seminggu, di jawa juga ada hari pasaran. Jumlahnya lima; pahing, pon, wage, kliwon, legi. Misal aku lahir hari selasa pasarannya kliwon, berarti wetonku selasa kliwon. Yang lain ngitungnya juga sama, hari (dalam seminggu) ditambah hari pasaran (yang lima tadi) sama dengan wetonmu.

    awan mendungawan mendung25 hari yang lalu
  • jawa itu ga berati semuanya jawa ya. kalau jawa barat itu berati sunda.. semoga paham๐Ÿ™๐Ÿป

    Rei AlvRei AlvBulan Yang lalu
  • kalo ga salah jawa ga ada kata hormat kalo sunda ada yaitu SAMPURASUN (แฎžแฎ™แฎชแฎ•แฎฅแฎžแฎฅแฎ”แฎช)

    fajar maulanafajar maulanaBulan Yang lalu
  • Kak kalau di jawa tuh pake "kulo" Bukan saya atau aku,dan kenapa nggak boleh pake "gue" Karena gue itu bahasa gaul yang oengucapannya kurang sopan jadi kaya nggak sopan gitu klau ngomong "saya" pake "gue"

    SHILA cmSHILA cmBulan Yang lalu
  • Saya wong jowo mbak๐Ÿ™‚๐Ÿ–

    Mama PapaMama PapaBulan Yang lalu
  • Sekali kali berkunjung kepesantren mba Biar tau pendidikan di pesantren

    Roji KinRoji KinBulan Yang lalu
  • Sampun keres mba'e

    Yansu PrambudiYansu PrambudiBulan Yang lalu
    • Leres

      Yansu PrambudiYansu PrambudiBulan Yang lalu
  • Harus sopan biar dihormati, Ajining diri ono ing lati Ajining rogo ono ing busono

    Rembran Mardika 30Rembran Mardika 30Bulan Yang lalu
  • Kak belajar budaya orang minang dong kak dari Sumatera barat

    Ramona SusantoRamona SusantoBulan Yang lalu
  • Bahasa jawa ada 3 level...sama seperti bahasa korea...kepada orang tua/yg pangkat lebih tinggi pake bahasa jawa kromo inggil...kepada teman sebaya yg belum begitu akrab(baru kenal) pake bahasa jawa kromo alus ...kalo keteman yg sudah akrab banget(sahabat)pake bahasa ngoko(dalam korea BANMAL)...๐Ÿ˜๐Ÿ™

    Ika NurhasanahIka NurhasanahBulan Yang lalu
  • aq yg asli jawa aja, belum penuh menguasai bhsnya๐Ÿ˜“

    Hesti alHesti alBulan Yang lalu
  • Aku wong jowo alhamdulillah paham tentangยฒ tradisine wong jowo wong tuo kulo puahamm buetul budayane wong jowo๐Ÿ™๐Ÿ˜ Sing ndlk wong jowo like๐Ÿ‘ŒโœŒ

    T & A chordT & A chordBulan Yang lalu
  • Wah giniยฒ pingin ke korea buat nelajarin bahasa jawa wwkwkwkw AMINNN๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ’–

    T & A chordT & A chordBulan Yang lalu
  • gue : bahasa gaul aku : untuk teman sebaya, orang yg lebih muda atau orang terdekat saya : bahasa formal

    ALFRINA PRAMESTIAALFRINA PRAMESTIABulan Yang lalu
  • Terimakasih Bahasa Jawa nya Matur nuwun

    Nuzzila Al qurohNuzzila Al qurohBulan Yang lalu
  • Kak coba aja cari pelak bahasa Jawa disitu ada macamยฒ keris,wayang,dan nama hewan,anak hewan kalo di jawa

    Nuzzila Al qurohNuzzila Al qurohBulan Yang lalu
  • Kalo gak salah Borobudur itu dibuat hanya dlm 1 hari Iya gak sih

    Nuzzila Al qurohNuzzila Al qurohBulan Yang lalu
  • Kalo nikahan orang Jawa itu ada kembang mayang,pendamping terdiri 4 orang

    Nuzzila Al qurohNuzzila Al qurohBulan Yang lalu
  • kadang desa sebelahan aja udh beda bahasanya wkwk

    Syava AmandaSyava AmandaBulan Yang lalu
  • engkang kedah dipunwastani minangka tiyang jawi niku alus engkang tumindak lan gunemanipun, mboten pareng sembrono, lan tiyang jawi iku ngertos kasopanan lan kasantunan. Yen jenengan sinau babagan perkawis ingkang sae saha luhur tiyang jawi solusinipun. Salam saking Yogyakarta ๐Ÿ™

    26_8D_Rifqi Pratama26_8D_Rifqi PratamaBulan Yang lalu
  • klok aku bhs jawa mahir tpi klok korea ngak terlalu bisa karna aku orang jawa

    Ali KodrenAli KodrenBulan Yang lalu
  • "matur nuwun" Balasnya "sami sami" Klo Jawa gitu kan? Gw knpa nanya anjir?? Pdhl gw orng Jawa?!

    Amelia_ PutriAmelia_ PutriBulan Yang lalu
  • Jawa itu sbenarnya bangsa bukan sekedar suku sbelum ada indonesia jawa sudah menjadi negara , pada masa belanda 2 negara yg tetap eksis dijawa yogyakarta dan surakarta ,keduanya tetap menjalankan sistem pemerintahan layaknya negara walaupun ada pengaruh belanda secara politik ..

    Pati WirangPati WirangBulan Yang lalu
  • Kak belajar lagu jawa

    Rahil ShafaRahil ShafaBulan Yang lalu
  • Aku aja yg orang Jawa gak bisa aksara Jawa ๐Ÿ˜ญ

    Kesha CebKesha CebBulan Yang lalu
  • mon maaf mau koreksi ha na ca ra ka nya harus di baca ho no co ro ko karena a=o di jawa gitu

    meta mediameta mediaBulan Yang lalu
  • Haha aku baru liat dongg๐Ÿ˜๐Ÿ‘‰๐Ÿป๐Ÿ‘ˆ๐Ÿป btw aku asli Jawa lho Jawa tengah pula๐Ÿ˜

    rzk Apriliarzk ApriliaBulan Yang lalu
  • Kalo mau dibilang orang jawa sopan apa ngga sopan banget sih setiap orang jawa ketemu salam tegur kalo pengalaman aku pribadi kalo setiap kumpul2 entah itu sama siapa aja dan pengen lewat atau ada yg nyapa yang lebih tua itu wajib nuduk beri salam

    Nabila Kania MaharaniNabila Kania Maharani2 bulan yang lalu
  • Wong jowo Ojo ilang jowone

    muh. Malikmuh. Malik2 bulan yang lalu
  • Aku tinggal di kabupaten rembang... Kuliah di kudus.. jarak cuma 1-2 jam... Masih satu peovinsi, satu suku... Aksennya udah beda, kosa katanya banyak yang beda, kebiasaannya juga beda... Dan sesama jawa pun kadang gak paham bahasa daerah lain karena setiap daerah ada ciri khasnya sendiri... Kompleks banget budaya jawa sampe aku sering pusing pas masih sekolah dulu... Belum yang seninya.. seni tari, seni musiknya, seni tembangnya, dll... Tapi bersyukur lahir dan besar di jawa

    lya elsalya elsa2 bulan yang lalu
  • Pipippipip arek jowo liwat Nyuwun sewu mbak piscila lee

    ๋‚˜ํƒ€์ƒค ์•Œ๋ฆฌ์•ผ / natasya alya๋‚˜ํƒ€์ƒค ์•Œ๋ฆฌ์•ผ / natasya alya2 bulan yang lalu
  • Belajar sama Mas Hansol aja wkwkwkw

    Siane SoesiloSiane Soesilo2 bulan yang lalu
  • Di Jawa Tengah juga masih di terapkan sopan santun terhadap sesama

    Happy FunHappy Fun2 bulan yang lalu
  • Aq pernah nonton film zaman dulu kata nya candi borobudur di bangun cuman 1 hari dan di bangun untuk melamar sang kekasih, aq liat sih gitu:)

    Regita ShafiraRegita Shafira2 bulan yang lalu
  • Aku aja orang jawa bahaya yang lain agak belum ngerti bahasa yang santun/inggil itu susah

    Aji PurnomoAji Purnomo2 bulan yang lalu
  • Aksara Jawa bacanya Ho No Co Ro Ko jadi di belakang nya walau tulisannya a tetep di baca o kak๐Ÿ‘

    BELLA 10BELLA 102 bulan yang lalu
  • jujur aja nih kak ya bahasa jawa menurutmu emang susah si, walaupun ak dibesarkan dijawa sekolah ada pelajaran jawa tapi emang susah hehe apalagi tingkatan bahasa yang kadang dikeluarga sendiri malah pake Bahasa indo biar sopan,bhasa jawa dapet nilai bagus diatas kkm aja udah bersyukurr banget๐Ÿ˜ญ

    dian pndian pn2 bulan yang lalu
  • Jawa timur hadir. Nek bedo dak erah nggeh enten seng mboten sami. Yang penting intinya saling menghormati/sungkem apalagi sama yang lebih tua. Ora perlu akeh seng penteng cukup, ora perlu padang seng penteng urup, ora perlu duwur seng penteng iyup, ora perlu mewah seng penteng bungah, tuareeeek sessssssss๐Ÿ‰

    BANG KAWOL CENELBANG KAWOL CENEL2 bulan yang lalu
  • Bener sih bhs Jawa lebih susah kek lebih gampangnya Jawa kasar๐Ÿ˜ญ gua aja yaa yang asli Jawa malahan gatau bhs alusnya gua aja itu malah kek gasuka pelajaran bhs Jawa lebih suka yaa kek bhs Inggris atau pelajaran lainnya pasti sebagian dari kalian kek gtu ngakuu!!

    Time To DisaTime To Disa2 bulan yang lalu
  • Saya juga orang Jawa jadi saja ada berberapa yg faham dari bahasa Jawa matur nuwun

    Dela Suci RahmawatiDela Suci Rahmawati2 bulan yang lalu
  • Kak kapan kapan ke Jogja ya kak di sini banyak memakai bahasa Jawa jadi kakak bisa belajar di sini matur nuwun/terimakasih

    Dela Suci RahmawatiDela Suci Rahmawati2 bulan yang lalu
  • Kalau ada orang yang lebih tua lagi duduk dan kita lewat biasanya kami ngucapin nuwun sewu/amet

    Klinik BeautyKlinik Beauty2 bulan yang lalu
  • Jawabannya adalah "Sami sami

    Anang PiptiantoAnang Piptianto2 bulan yang lalu
  • COBA BAHAS BUDAYA SUKU MINANG KK!BIAR TAMBAH ASIK CHANEL NYA

    JAMRUT KHATULISTIWAJAMRUT KHATULISTIWA2 bulan yang lalu
  • jawa alus iku

    ahmad bilal22ahmad bilal222 bulan yang lalu
  • kulo wong jawa rek

    ahmad bilal22ahmad bilal222 bulan yang lalu
  • Hmm

    Vanielle GramanthaVanielle Gramantha2 bulan yang lalu
  • Saya melihat Alm. Om Dono di awal pembahasan ๐Ÿ˜‚

    Max JoviMax Jovi2 bulan yang lalu
    • 1.44 ini

      Max JoviMax Jovi2 bulan yang lalu
  • A: asli mana kak? B: saya asli bandung, jawa barat. A: berarti orang jawa? B: ....... ? ๐Ÿคฃ #becanda

    Guntur PrawitoGuntur Prawito2 bulan yang lalu
  • Wis mangan durung itu artinya apa ayo

    Cowax PutraCowax Putra2 bulan yang lalu
  • Mantap mbak e Juuuooooss

    Moh AsroriMoh Asrori2 bulan yang lalu
  • Wong jowo pundi niki?๐Ÿ˜

    Zeyeng01Zeyeng012 bulan yang lalu
  • Ne pengin ngerti omongan wong jowo,mbojo wae kambe wong jowo ,pasti ndang iso

    Ragil JavantoRagil Javanto2 bulan yang lalu
  • Jawa itu indah, dan bhs jawa sangat mudah di pelajari.

    Love ULove U2 bulan yang lalu
  • Bahasa Palembang bisa ga kak Prist??

    Udayana ChannelUdayana Channel2 bulan yang lalu
  • Bosku orang korea malah pinter bahasa jawa,tp kalau ngomong bahasa Indonesia kebolak balik

    hartono t agunghartono t agung2 bulan yang lalu
  • Matur suwon

    Demak kotaDemak kota2 bulan yang lalu
  • Matur suwon

    Demak kotaDemak kota2 bulan yang lalu
  • Kebanyakan "kalau Weton (hari jawa) dari pasangan gak cocok, hubungan kandhas ๐Ÿ˜.

    Hai YaniHai Yani2 bulan yang lalu
  • irowa noona to Yogyakarta. lemme guide ya

    Gerardus GraitoGerardus Graito2 bulan yang lalu
  • kamu =sampen ,panjenengan , kowe ,awakmu saya=aku ,kulo

    joko sufyanjoko sufyan3 bulan yang lalu
  • kulo

    joko sufyanjoko sufyan3 bulan yang lalu
  • Bahasa jawa terkenal d indonesia,,bahkan aku orang kalimantan dikit-dikit ngerti bahasa jawa,,cuman yg bahasa kasarnya sih,,tp kalau bahasa halusnya nggak tau juga...

    A MrdA Mrd3 bulan yang lalu
  • Gua orang maduraaa tapi susah bahas soapn santun hanacarakan:v yaudh aku pakek bahasa indoensia ajah awowkwowwkoo :v

    7916-mohammad farel ertido7916-mohammad farel ertido3 bulan yang lalu
  • Budaya Jawa itu menarik (saya suka walaupun sy bukan org Jawa). Tapi sayangnya ada kemungkinan gak sampai 20 tahun lg akan punah seiring berkembangnya kadrun2. Cewek pake kebaya aja bisa dibully ama mereka. Kalau ada yg bantah pasti lu orgil atau kargil (k'drun gila) :P

    Koko WKoko W3 bulan yang lalu
  • Aku juga masih belajar bahasa Jawa ,walaupun aku juga orang Jawa wkwk, apalagi kakak yang mau belajar bahasa Jawa

    Oktaviaa RistaOktaviaa Rista3 bulan yang lalu
  • Saya suka bngt yang komenยฒ di sini banyak membelajran yang tadinya tidak tau ,skrng jadinya tau ,salut deh

    Oktaviaa RistaOktaviaa Rista3 bulan yang lalu
  • "Saya" itu panggilan paling halus dan digunakan untuk berbicara pada yang lebih tua atau dihormati "Aku" itu ga formal, di Jakarta mungkin ngomong pake "aku" tuh masih tergolong sopan, tapi kalo di beberapa daerah misalnya di Kalimantan Barat, pake "aku" itu buat ke temen doang, soalnya kalo ke yang lebih tua kesannya ga sopan

    zathreemaysazathreemaysa3 bulan yang lalu
  • ๐•„๐• ๐•Ÿ๐•˜๐•˜๐•  ๐•œ๐•’๐•๐•š๐•™ ๐••๐•š ๐•ค๐•’๐•ž๐•“๐•š ๐•ก๐•’๐•”๐•–๐•ฅ๐•’๐•Ÿ๐•š๐•ก๐•ฆ๐•Ÿ ๐•Ÿ๐•’๐•ž๐•ฆ๐•Ÿ๐•˜ ๐•œ๐•’๐••๐• ๐•ค ๐•ž๐•–๐•œ๐•’๐•ฅ๐•–๐•Ÿ ๐•œ๐•– ๐•ž๐•’๐•จ๐• ๐•Ÿ. ๐•„๐• ๐•Ÿ๐•˜๐•˜๐•  ๐•ค๐•š๐•Ÿ๐•˜ ๐•“๐•’๐••๐•– ๐•Ÿ๐•›๐•’๐•จ๐•’๐•“๐•š ๐•œ๐•ฆ๐•๐•  ๐•ฅ๐•–๐•Ÿ๐•˜๐•˜๐• .

    Hallib WahudiHallib Wahudi3 bulan yang lalu
  • Raeaksi ilmu santet jawa dong kak

    rudi yantorudi yanto3 bulan yang lalu
  • W orang Jawa tapi gak bisa bahasa jawa

    JahJah3 bulan yang lalu
  • Sami-sami? Kalo disebut Bahasa Indonesia adalah samaยฒ

    anggi sadewianggi sadewi3 bulan yang lalu
  • Saya orang jawa:v

    younie achmadyounie achmad3 bulan yang lalu
IDworlds