๐Ÿ‡ฐ๐Ÿ‡ทKOREANS & JAVANESE CULTURE | ์ธ๋„๋„ค์‹œ์•„ ์ž์™€ ๋ฌธํ™” ๋ฐฐ์šฐ๊ธฐ

15 Mei 2020
155 696 Ditonton

#์ธ๋„๋„ค์‹œ์•„๋ฌธํ™” #Javaneseculture
Hey guys! This time we checked out a new video about Javanese culture, and we learned A LOT of things through this experience. I hope you all have as much fun watching this video as we did! Thank you for your support
Javanese culture Video is from:
idworlds.info/from/rcx2ararfqlih9E/video
Business inquiries
Email: prayer421@gmail.com

Get to know me!
Instagram: @pris421, @dleeyejin
Mau belajar bhs Korea?
Tiktok: @pris.421

Komentar
  • kamu =sampen ,panjenengan , kowe ,awakmu saya=aku ,kulo

    CHUMED ARMANSEL 321CHUMED ARMANSEL 32110 jam yang lalu
  • kulo

    CHUMED ARMANSEL 321CHUMED ARMANSEL 32110 jam yang lalu
  • Bahasa jawa terkenal d indonesia,,bahkan aku orang kalimantan dikit-dikit ngerti bahasa jawa,,cuman yg bahasa kasarnya sih,,tp kalau bahasa halusnya nggak tau juga...

    Anang MrdAnang MrdHari Yang lalu
  • Gua orang maduraaa tapi susah bahas soapn santun hanacarakan:v yaudh aku pakek bahasa indoensia ajah awowkwowwkoo :v

    Farel jrFarel jr3 hari yang lalu
  • Budaya Jawa itu menarik (saya suka walaupun sy bukan org Jawa). Tapi sayangnya ada kemungkinan gak sampai 20 tahun lg akan punah seiring berkembangnya kadrun2. Cewek pake kebaya aja bisa dibully ama mereka. Kalau ada yg bantah pasti lu orgil atau kargil (k'drun gila) :P

    Koko WKoko W3 hari yang lalu
  • Aku juga masih belajar bahasa Jawa ,walaupun aku juga orang Jawa wkwk, apalagi kakak yang mau belajar bahasa Jawa

    Oktaviaa Rista_Oktaviaa Rista_4 hari yang lalu
  • Saya suka bngt yang komenยฒ di sini banyak membelajran yang tadinya tidak tau ,skrng jadinya tau ,salut deh

    Oktaviaa Rista_Oktaviaa Rista_4 hari yang lalu
  • "Saya" itu panggilan paling halus dan digunakan untuk berbicara pada yang lebih tua atau dihormati "Aku" itu ga formal, di Jakarta mungkin ngomong pake "aku" tuh masih tergolong sopan, tapi kalo di beberapa daerah misalnya di Kalimantan Barat, pake "aku" itu buat ke temen doang, soalnya kalo ke yang lebih tua kesannya ga sopan

    zathreemaysazathreemaysa5 hari yang lalu
  • ๐•„๐• ๐•Ÿ๐•˜๐•˜๐•  ๐•œ๐•’๐•๐•š๐•™ ๐••๐•š ๐•ค๐•’๐•ž๐•“๐•š ๐•ก๐•’๐•”๐•–๐•ฅ๐•’๐•Ÿ๐•š๐•ก๐•ฆ๐•Ÿ ๐•Ÿ๐•’๐•ž๐•ฆ๐•Ÿ๐•˜ ๐•œ๐•’๐••๐• ๐•ค ๐•ž๐•–๐•œ๐•’๐•ฅ๐•–๐•Ÿ ๐•œ๐•– ๐•ž๐•’๐•จ๐• ๐•Ÿ. ๐•„๐• ๐•Ÿ๐•˜๐•˜๐•  ๐•ค๐•š๐•Ÿ๐•˜ ๐•“๐•’๐••๐•– ๐•Ÿ๐•›๐•’๐•จ๐•’๐•“๐•š ๐•œ๐•ฆ๐•๐•  ๐•ฅ๐•–๐•Ÿ๐•˜๐•˜๐• .

    Hallib WahudiHallib Wahudi10 hari yang lalu
  • Raeaksi ilmu santet jawa dong kak

    rudi yantorudi yanto11 hari yang lalu
  • W orang Jawa tapi gak bisa bahasa jawa

    21 Kodak Black21 Kodak Black12 hari yang lalu
  • Sami-sami? Kalo disebut Bahasa Indonesia adalah samaยฒ

    anggi sadewianggi sadewi15 hari yang lalu
  • Saya orang jawa:v

    younie achmadyounie achmad16 hari yang lalu
  • Orang jawa kalo marah ya paling ngrasani wkwk

    Pist KpopPist Kpop18 hari yang lalu
  • Bangga banget jadi orng jawa๐Ÿ˜‚๐Ÿ‘

    Albi TegarAlbi Tegar20 hari yang lalu
  • hari / wuku di jawa: Minggu: Radithe. Senin: Soma. Selasa: Anggara. Rabu: Budha. Kamis: Respati. Jumat: Sukra. Sabtu:Tumpak. pasaran / weton di jawa: Kliwon (Kasih). Legi (Manis). Pahing (Jenar). Pon (Palguna). Wage (Cemengan). nama tahun jawa 1.Sura 2.Sapar 3.Mulud 4.Bakda Mulud 5.Jumadil Awal 6.Jumadil Akhir 7.Rejeb 8.Ruwah 9.Poso 10.Bodo 11.Selo 12.Besar #FYI

    J. LoyardJ. Loyard21 hari yang lalu
  • Nyuwon Sewu wong jowo lewat๐Ÿคฃ

    Naira ImrohatusNaira Imrohatus22 hari yang lalu
  • Aku aja bingung kalo mau pake bahasa Jawa Ngoko Alus kadang juga aku campur sama bahasa Indonesia ๐Ÿ˜ญ

    Nayla Nayla keysyah El harisNayla Nayla keysyah El haris26 hari yang lalu
  • Aga kareba..?๐Ÿ™๐Ÿป

    Ibrahim 17032019Ibrahim 1703201927 hari yang lalu
  • Request kak, tolong review atau buat konten tentang Batak dong kak.. Hehe.. Olehnya batak itu tidak hanya 1 jenis batak saja.. Terimakasih kakak.. ๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚

    Else situmorangElse situmorang28 hari yang lalu
  • K coba nonton yg suku DAYAK ๐Ÿ˜

    Novpa EsperanzaNovpa Esperanza29 hari yang lalu
  • Maturnuwun kakak,kakak ora ngerti to bahasa jawa . ๐Ÿฅฐ๐Ÿฅฐ๐Ÿฅฐ

    Tribudi HandoyoTribudi Handoyo29 hari yang lalu
  • BAHASA JAWA HITUNG HITUNGAN ITU SAKRAL. HA, NA, CA, RA ,KA, DA, TA ,SA ,WA, LA ,PA, DA, JA, YA,NYA, MA, GA, BA, TA, NGA. kalimat ini ada energi ke kuatan jika di amal kan.

    TEDI RAMDANITEDI RAMDANIBulan Yang lalu
  • Aku orang jawa hadir ๐Ÿ˜

    Wulan ZhiyaWulan ZhiyaBulan Yang lalu
  • dari dulu pelajaran yang susah aksara jawa

    Kim IreumyKim IreumyBulan Yang lalu
  • Sebagai penduduk jogja Bahasa Jawa diajarkan sebagai bahasa pertama, lalu dikembangkan menjadi krama halus untuk lebih sopan kepada orangtua Bahasa jawa juga dijadikan pelajaran sebagai muatan lokal dari SD, SMP, SMA/K Lewat depan orang harus menundukan kepala dan berkata"kulo nuwun(permisi)" Kalau naik motor "bunyikan tlakson dan bilang kulonueun pak/bu/mas" Dikalender nasional, biasanya juga tersemat kalender jawa di samping tanggal utama Weton dijawa biasa digunakan untuk menentukan apakah seseorang yang akan menikah cocok dengan weton mereka, dan semperti zodiac untuk meramal nasib. Biasanya orang tua masi menggunakan metode ini Jawa Tengah & Yogyakarta (jawa halus) Jawab Timur (jawa lugas/tegas) Jawa Barat ( Sunda, meski pulau jawa tapi mereka punya suku budaya dan bahasa tersendiri)

    Dwi Yuliyanto09Dwi Yuliyanto09Bulan Yang lalu
  • Kak mukbang trus ngomentarinnya pake bahasa jawa dong jadi tiap mau komentar tentang apa yang dimakan liat translate trus barus diucapin pasti seru

    official dreyy16official dreyy16Bulan Yang lalu
  • Jawa itu ada 2 yang berbeda mba. Jawa timur sama jawa tengah beda bahasanya mba ๐Ÿ˜…

    Bilcky Orlando EliasBilcky Orlando EliasBulan Yang lalu
  • WAU bagus banget kak

    Danis 122b hbnbDanis 122b hbnbBulan Yang lalu
  • Wonten korea nggih kathah tiyang jawi kok mbak..๋ˆ„๋‚˜..ํ•œ๊ตญ ์— ์ž์šฐใ… ์‚ฌ๋žŒ ๋„ ๋งˆ๋‹ˆ ์žˆ์–ด์š”

    hani sofahani sofaBulan Yang lalu
  • Matur nuwun sampon blajar bahasa jawi

    Fiyon bagusFiyon bagusBulan Yang lalu
  • Matur nuwun. sami sami

    Fiyon bagusFiyon bagusBulan Yang lalu
  • Colab sama hansol kak biar tahu

    nadya ayunadya ayuBulan Yang lalu
  • Kebetulan aku lahir di jawa

    nawal SFNnawal SFNBulan Yang lalu
  • Selain itu bahasa jawa juga beda tiap daerah meskipun sama2 "bahasa jawa" tapi antar satu daerah bisa sangat berbeda... Contoh: di kediri bahasa jawanya kata "tetap" itu "panggah" kalau di mojokerto "pancet" Mangkannya sulit sekali belajar bahasa jawa itu kalau gk sudah terbiasa sejak kecil seperti londo kampung dan korea roemit, orang asing yg besar di Indonesia tepatnya di Jawa timur

    Warda Kh. AnnisahWarda Kh. AnnisahBulan Yang lalu
  • Selain itu bahasa jawa juga beda tiap daerah meskipun sama2 "bahasa jawa" tapi antar satu daerah bisa sangat berbeda... Contoh: di kediri bahasa jawanya kata "tetap" itu "panggah" kalau di mojokerto "pancet" Mangkannya sulit sekali belajar bahasa jawa itu kalau gk sudah terbiasa sejak kecil seperti londo kampung dan korea roemit, orang asing yg besar di Indonesia tepatnya di Jawa timur

    Warda Kh. AnnisahWarda Kh. AnnisahBulan Yang lalu
  • Kalau di dunia untuk melihat kepribadian kan ada "zodiak" menurut tanggal lahir, tapi kalau di jawa ada "weton" menurut hari lahir

    Warda Kh. AnnisahWarda Kh. AnnisahBulan Yang lalu
  • Plis react KAMI INDONESIA

    Ahmad SalafudinAhmad SalafudinBulan Yang lalu
  • Jawa Hadirr๐Ÿ˜‡

    Andini ImoutAndini ImoutBulan Yang lalu
  • Mb tak omongi lek boso jowo iku artine rodok angel soale iku boso ne si yo pokok e angel lah yo Artinya:mb tak kasih tau klo bahasa jawa itu agak susak soalnya y pokoknya susah lah y mb

    Cahyo WiyonoCahyo WiyonoBulan Yang lalu
  • Sopan,rendah hati,seperti tidak pernah marah. Tapi kalau sekali marah gunung bisa meletus,laut bisa kering. NKRI HARGA MATI

    Munaji AhmadMunaji AhmadBulan Yang lalu
  • Ayoo kak tukeran belajar bahasa, :)

    zoe huangzoe huangBulan Yang lalu
  • orang jawa datang:v

    Kim Mira_97Kim Mira_97Bulan Yang lalu
  • Trimakasih dlm bahasa jawa, matur nuwon atau matur suwon,,, itu dari jawa halus andap dn ashor,,,

    Cah EdanCah EdanBulan Yang lalu
  • Bahasa Jawa di bagi 2, bahasa jawa kasar (ngoko) dan bahasa jawa halus,,, Untuk bahasa jawa halus di bagi 3, yaitu inggil, andap, dn ashor,,,, Inggil bahasa jawa yg tingkatannya sedikit kasar, untuh ashor di perhalus lgi, untuk andap paling halus,,, Dulu aku hafal aksoro jawa bhkan bisa nulisnya, skrang aku dah lupa,,, Jdi orng jawa menyebutnya orang sprti aku, orang jawa lupa jawanya,,

    Cah EdanCah EdanBulan Yang lalu
  • kodok = teko teko ndodok nandur = nata karo mundur piring = nek di lap karo miring gelas = nek tugel ra iso di las

    Sambrul ChannelSambrul ChannelBulan Yang lalu
  • Wihhh baru nonton nih.. kakak Priscilla coba nonton film2 pendek yang pakai bahasa Jawa contoh tilik

    RAKHMA RAHMARAKHMA RAHMABulan Yang lalu
  • Salam dari orang jawa ๐Ÿ™

    adrian wegleisadrian wegleisBulan Yang lalu
  • saya udah 8 tahun di jakarta ga' pernah ngomong pakai kata lu gue,karena sudah diajakarkan untuk menghargai orang yg lebih tua dari kita..

    sukarlan sukarlansukarlan sukarlan2 bulan yang lalu
  • Ada lagi Jawa Banyu Mas, lebih unik dan keren

    Shagheer ZenShagheer Zen2 bulan yang lalu
  • Surakarta. Hadir ๐Ÿ˜

    Budi PrastyoBudi Prastyo2 bulan yang lalu
  • Kalo. Pingin praktek ngomong alus sama orang tua setyap kali bicara pada orang tua bisa pake kalimat SAMPEA ATAU NJENENGAN. yang berarti KAMU . UNTUK SAMPEAN biasanya lebih sering untuk lawan bicara yang se usia dengan kita untuk njenengan biasanya untuk usia di atas kita. Atau kalo mau lebih halus lagi sperti di kalangan krajaan jogjakarta. Bisa pake kata NDIKO.

    ari Prastyoari Prastyo2 bulan yang lalu
  • Sungkeman itu kita salim (salim dalam bahasa jawa dan dalam bhasa indonesinya kita salaman sma tangan orang yang lebih tua lalu kita mencium tanganya). Midodoremi itu prosesi adat pernikahan di tanah jawa. Bhasa jawa ada 3. Jawa kasar atau dialog bahasa jawa biasah .jawa alus lalu ada jawa alus kromo inggil yang super duper alus yang biasanya di gunakan di dalam istana krjaan di tnah jawa. Untuk tingkat ke alusan atau kesopanan dlam bicara maupun gestur tubuh biasanya daerah jawa tengah dan jogja yang paling halus

    ari Prastyoari Prastyo2 bulan yang lalu
  • kolab dong sm korea roemit ...๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

    Mario GaspolMario Gaspol2 bulan yang lalu
  • Aku wong jowo, tapi lahir di aceh dan tinggal di aceh. Wong jowo tinggal neng nandi wae yo urep.

    Prince Erick ArdestaPrince Erick Ardesta2 bulan yang lalu
  • Nyimak AE aku rek๐Ÿ˜€

    Agus RitaAgus Rita2 bulan yang lalu
  • saya dari jawa, salam kenal, pie kabare, mesti apik apik

    salsa storysalsa story2 bulan yang lalu
  • ๊ง‹๊ฆฒ๊ฆญ๊ฆบ๊ฆด๊งˆ๊ฆ๊ฆผ๊ฆฅ๊ง€๊ฆซ๊ฆ๊ฆช๊ฆบ๊ฆ๊ฆง๊ฆ‚๊ฆฒ๊ฆบ๊ง‰ ๊ง‹๊ฆฒ๊ฆฅ๊ฆถ๊ฆ๊ง€๊ฆ๊ฆง๊ฆ‚๊ฆ๊ฆธ๊ง‰

    E GabyE Gaby2 bulan yang lalu
  • Ancen angel boso jowo, ra ono kamus e ๐Ÿ˜

    dadar jagangdadar jagang2 bulan yang lalu
  • Makasi, matur nuwun karna anda sudah belajar adat jawa aku orang jawa tengah, magelang

    Redhy NoerRedhy Noer2 bulan yang lalu
  • Buat mbak yang di tengah, kalo kamu jadi istriku kamu Tek ajarin budaya Jawa mbak. Ahahahhaha Jawa ngapak tapi

    Ninja OngkiNinja Ongki2 bulan yang lalu
  • Seko jowo tengah hadir.natur Suwon.sami sami ๐Ÿ˜€

    Arthur HandayaniArthur Handayani2 bulan yang lalu
  • I don't understand If my wife speaking in own language.. She is speaking sundanesse and I'm javanesse.. We speak Bahasa to communicate .. We are BHINEKA TUNGGAL IKA ..

    chef adwinchef adwin2 bulan yang lalu
  • Aku yang orang jawa dari brojol sampe sekarang aja blajar aksara dari SD sampe mau tamat SMK gak mudeng2๐Ÿ˜… cuma hafal ha na ca ra ka dst. Tapi kalo suruh nyusun kalimat pake aksara angkat tangan aku. Apalagi kalo harus nyusun pasangan2 per aksara.. itu sampai sekarang jadi tantangan tersendiri buat ku. Apalagi pas tes suruh ngartiin aksara ke kalimat biasa๐Ÿ˜ขmau nangis rasanya.. gegara pas SD suka meleng kali ya kalo dia jarin aksara๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ jdi begini.. susah sih kalo nggak bener2 fokus blajarnya gak bakal mudeng deh.

    Erika ViolaErika Viola2 bulan yang lalu
  • Aku wong Jawa tengah ๐Ÿคฃ

    Valin ImanValin Iman2 bulan yang lalu
  • Meskipun tulisan nya "ha na ca ra ka" tapi mbacanya ho no co ro ko

    Vika BintimuhibVika Bintimuhib2 bulan yang lalu
  • Saya salut dgnorang Korea lebih disiplin dlm segala hal, SMG orang Indonesia bs belajar byk dg budaya Korea

    Muhammad FadelieMuhammad Fadelie2 bulan yang lalu
  • Halo kak ,aku dari Jawa ๐Ÿ‘‹๐Ÿป

    Jihansyah Anita DewiJihansyah Anita Dewi2 bulan yang lalu
  • Generasi sekarang udah gk ad yg kenal huruf suku2 itu kk.. aku org jawa pun gk tau tulisan jawa.. bahkan org2 tua kami.. jd jangan tulis surat pake tulisan gt wkwkw gk kan ad yang mengerti

    Abd SaidAbd Said2 bulan yang lalu
  • Pernah nggak pakai kebaya?

    Ainin FadhlikaAinin Fadhlika2 bulan yang lalu
  • Gw surabaya kaga ada sopan santun nya๐Ÿ˜† wkwkwkkwkkkkk๐Ÿคช

    Tiara AiraTiara Aira2 bulan yang lalu
  • Bahasa Jawa ada beberapa tingkatan, dari bahasa sehari2 sampai tingkat terhalus yang bahkan aku sendiri orang jawa gak ngerti. hhhhh

    news hunternews hunter2 bulan yang lalu
  • hai Eonnie aku orang Betawi Jawa Appa aku Betawi Eomma aku Jawa

    Cinta SyakiraCinta Syakira2 bulan yang lalu
  • aku suka banget sama channel youtube kakak,kalau ada vidio baru pasti aku tonton,suka banget deh pokoknya,the best

    Abil Naurah ChannelAbil Naurah Channel2 bulan yang lalu
  • Nama jalan itu bukan dari nama orang tapi dari nama para pahlawan Indonesia

    Aisyah ChumaidahAisyah Chumaidah2 bulan yang lalu
  • Aku orang Jawa tapi suka ngomong kasar sama sering marah" Wkwkw

    maika_pom_pom_ officialmaika_pom_pom_ official2 bulan yang lalu
  • Mbak.e ayu ayu tenan

    Justine JamkidJustine Jamkid2 bulan yang lalu
  • Coba cari d internet, negara suriname. Ada beberapa penjelasan berhubungan dengan jawa. ๐Ÿค

    Ridh MinhooRidh Minhoo2 bulan yang lalu
  • Kk belajar bahasa batak dong

    vincha talkvincha talk2 bulan yang lalu
  • Saka (Jawa) : dari (Indonesia

    sky snow sun 3FGFsky snow sun 3FGF2 bulan yang lalu
  • Mbaknya Kulo Bade tanglet ibukke asmane sinten ngeh๐Ÿ™‚(mbak saya mau tanya ibunya namanya siapa ya๐Ÿ™‚)

    Annisa UlyaAnnisa Ulya2 bulan yang lalu
  • Tau g kopi luak asli nya gmn dibuat. Pertama pelihara binatang luak taruh dikandang trus dikasih makan biji kopi yg masih ada kulit luar (baru dipetik) sebanyak banyaknya lalu bsuk nyak kotoran nya dikumpulin dicuci diambil biji2 kopi nya lalu dijemur sampai kering lalu diproses penggorengan u dijadikan bubuk kopi. Krn proses fermentasi di perut luak itulah yg bikin beda rasa dan aroma. Dan luak itu klo makan biji kopi sesuai pilihan dia jdi tdk semua dimakan. Jd yg dimakan itu bener2 yg kualitas baik mknya harga di sini aja bs 1 - 1,5 jt per kg

    Dadiyono SamiranDadiyono Samiran2 bulan yang lalu
  • Orang Jawa ngak pake 'Saya' tapi 'Kulo' itu kata yg lebih sopan dari 'saya'

    Siti Nur Elisa LusianaSiti Nur Elisa Lusiana2 bulan yang lalu
  • Kalau mau belajar bahasa Jawa dateng ke sini ke Jogja bisa dipandu sama petugas keraton

    Eftri Anargyaa Naomi /07Eftri Anargyaa Naomi /072 bulan yang lalu
  • Merinding sepanjang nonton video ini seperti senang liat ekspresi kagum tersebut. Terimakasih ๐Ÿ™

    Agistanya AndimiAgistanya Andimi2 bulan yang lalu
  • Orang Jawa hidup di Lampung hadir

    Imam SyarifudinImam Syarifudin2 bulan yang lalu
  • Good job guys, I enjoyed the video

    Waky SrWaky Sr2 bulan yang lalu
  • Aku orang jawa pas ulangan Bahasa Inggris : 90 Bahasa indonesia : 85 Bahasa jawa : 60 Bukan masalah bisa atau ngk nya,tapi memang bahasa jawa itu banyak banget kata kata dan perumusan penggunaan nya, Mantap bukan ?

    Mu RusyahputraMu Rusyahputra2 bulan yang lalu
    • Wah hedonist berarti

      Mustofa lion Piranha namlMustofa lion Piranha naml2 bulan yang lalu
  • Kalo Jawa itu harus sopan ke org yg lebih tua Misalnya aku pake sepeda motor dan aku melewati tempat yg banyak org tua kita harus turun dan menyapa *nyuwun Sewu/Monggo* itu salah satu contoh sopan

    Diana BacodDiana Bacod2 bulan yang lalu
  • Jawa timur hadir. Hehehheeh

    Diana BacodDiana Bacod2 bulan yang lalu
  • Aku yg org jawa aja kesusahan belajar bahasa jawa ๐Ÿ˜ฅ๐Ÿ˜ฅ

    Aurelia ChrysAurelia Chrys2 bulan yang lalu
    • Apa gara2 aku tinggal di surabaya ya ๐Ÿ˜ฅ

      Aurelia ChrysAurelia Chrys2 bulan yang lalu
  • Aksara jawa sama bali sekilas mirip, aku cuma bisa aksara Bali,aku tinggal di Bali jadi bisa aksaranya dan bahasanya dikit dikit dan tetangga aku kebanyakan jawa jadi aku bisa bhs jawa juga

    Nadya FebrianaNadya Febriana2 bulan yang lalu
  • Kudus , jawa tengah hadir

    Irvan SaputraIrvan Saputra2 bulan yang lalu
  • Top

    Rojas royanRojas royan2 bulan yang lalu
  • Punten ngih Itu sopan santunnya

    Kuncoro KuncoroKuncoro Kuncoro2 bulan yang lalu
  • witing tresno jalaran soko kulino

    Mcgee 11Mcgee 112 bulan yang lalu
  • Terimakasih banyak (maturnuwun sanget) eonni sudah mempelajari budaya jawa ๐Ÿ’œ

    Anisa RahmawatiAnisa Rahmawati2 bulan yang lalu
  • Main ke jogja kak.. blajar bahasa jawa & adatnya

    -ใƒฌใ‚ชใƒชใ‚ช-ใƒฌใ‚ชใƒชใ‚ช2 bulan yang lalu
  • Lain kali kalo bisa ditambahin kak maturnuwun dulur dulur keep spirit ๐Ÿ‘‹๐Ÿ‘‹๐Ÿ‘‹

    wamboajawamboaja2 bulan yang lalu
  • Aku dari kata ego Saya dari kata sahaya/hamba

    yamatora kageyamatora kage2 bulan yang lalu
IDworlds