BAHASA SUNDA biar SOPAN SANTUN WKWKWK @CACIL | 인도네시아 순다어 배우기

9 Okt 2020
62 000 Ditonton

#Sunda #bahasaSunda #Cacil #sopansantun
Hai guys! Minggu lalu kita pergi ke Bandung dan AKHIRNYA ketemu & collab dengan princess Cacil huhu dia ramah banget guys ga boong... kita terharu banget karena Cacil & keluarganya pada welcome kita di Bandung gitu hehe Hope you enjoy our collab! Saranghaeee

Komentar
  • KA YEEUN KA YEJIN SEMUANYA RAMAH BANGETT!!! Semoga bisa ketemu lagii🥺❤️ Love uu!! Seru bangetttt! Sebelumnya maaf kalau ada salah salah kata atau ada yang kurang tersampaikan waktu ngajarin eonni! Cacil juga masih belajarr huhuu🥺❤️ pokoknya sehat selaluuu!

    CACILCACIL18 hari yang lalu
    • Hi kak Cacil

      Zahira ZivanaZahira Zivana4 hari yang lalu
    • Sunda: tiasa Jowo: opo meneh lewih iso Menurut saya pribadi sih lebih susah jawa

      Panca PpPanca Pp10 hari yang lalu
    • idworlds.info/from/uZxngbuUcaSfd9U/video

      Heyo lisaHeyo lisa13 hari yang lalu
    • @Gared Duo sama aja sih bilangnya "lapar".Kalo kata "aku mau makan" itu sunda lembutnya "abdi hoyong emam". Sebenernya sih yang paling sering di ucapin itu bukan "abdi" Tapi "abi" Jadi bilangnya "abi hoyong emam", sama² lembut sih cuma kalo "Abdi" Itu yg paling lembut banget cuma jarang dipake

      Mutiara SMutiara S16 hari yang lalu
    • Bahasa Sunda nya lapar apa sih? Apa dari dulu orang Sunda ga pernah lapar?

      Gared DuoGared Duo16 hari yang lalu
  • Sok atu sina di alajar bahada sunda

    Ray Jempollikers indonesiaRay Jempollikers indonesia9 jam yang lalu
  • Upami abdi parantos di kelas Panangan sidakep di luhur bangku😂

    Ray Jempollikers indonesiaRay Jempollikers indonesia9 jam yang lalu
  • Asik orang korea ke indonesia aku sauang Daerah KoRea ilove korea😍😘 aku sayang korea

    zahra ramadhanizahra ramadhani13 jam yang lalu
  • hencet berem

    jemiprojectjemiprojectHari Yang lalu
  • Lieur Sirah

    Rudiansyah 19Rudiansyah 19Hari Yang lalu
  • Aing itu paling kasar mincreung.. Kalau tengah2 itu urang bukan aing..haduh...

    dhanz jambuldhanz jambul2 hari yang lalu
  • Lebih kasarnya mkn =nyatu

    MAS ONE PRISENTSMAS ONE PRISENTS2 hari yang lalu
  • Tepang keun nami abdi lee han ,wios abdi wawu sareng ajeun neng gelis ti korea tea .

    lehan channellehan channel2 hari yang lalu
  • Abdi hoyong mamam ..itu sunda kasar apa halus yhh?? Serius nanya

    eddie stareddie star2 hari yang lalu
    • Ayoo yg tau kasih tau dong

      Priscilla LeePriscilla LeeHari Yang lalu
  • Salam ti Sunda Brebes dulur sadaya

    Olis JOlis J2 hari yang lalu
  • Salah satu opsi dari sekian banyak varian kata dan tingkatannya: Lemes: Abdi hoyong tuang Sedeng: Urang hayang dahar Kasar: Aing rek nyatu heula Kasar pisan ka batur: Sia jajablog jug...!

    El KobenozEl Kobenoz3 hari yang lalu
  • Kak cacil orang suda ya Sunda kasar apa alus? Klo aku sunda kasar

    Cha DutCha Dut3 hari yang lalu
  • colabs sama kimbab family kalau mau belajar bahasa sunda

    nuryanto ryannuryanto ryan3 hari yang lalu
  • Dan disunda itu yg wajib tau Adalah hurup u didepan e E sama Eu bisa beda arti Contoh.... Teras = depan rumah Teuras = terus Ema = biasa nya itu nama orang Euma = mamah/nenek Leles = nama daerah Leuleus = lelah Lebar = luas Leubar = sangat disayang kan...

    Dadoenk BjDadoenk Bj3 hari yang lalu
  • Lebih baik klw mw belajar bahasa sunda itu yg lembutnya... .sebab jika kita ngomong bahasa sunda yg lembut itu biasa nya lebih disegani lawan bicara.... Sekasar-kasar nya orang sunda yg biasa ngomong sunda kasar biasa nya otomatis klw diajak ngobrol sunda lembut biasanya klw bicaranya jadi lebih pilih2 kata yg lembut juga... Sebab sangat jarang orang yg biasa ngomong sunda lembut terbawa sama kasar sama orang yg biasa kasar... terkecuali klw mengenai hewan disunda itu ada bahasa nya sendiri.... ... Di sunda juga sebenar nya tidak ada kasar/lembut. Itu tergantung disetiap daerah jawa barat... ...tapi klw sunda yg bener2 tau level lembut/kasar itu berada di daerah bandung dan sekitar nya... ... Cuma saran aja.... lebih baik belajar/biasa mengguna kan bahasa sunda yg lembut karna itu bisa masuk dikalangan level umur...!!! ... Hatur nuhun....!!!!!!!!... ....

    Dadoenk BjDadoenk Bj3 hari yang lalu
  • 00:35 jadi penampakan

    Blinkygirl_5321 HiBlinkygirl_5321 Hi4 hari yang lalu
  • Aing mah kasar banget, bukan tengah², abdi yg tengah² dan halus,

    jayeng hadiutamajayeng hadiutama4 hari yang lalu
  • Abdi lapar

    Cherry Alya zahraCherry Alya zahra5 hari yang lalu
  • Duh ieu asa ka geroan kami urang sunda asli wkwk

    Asep SaprudinAsep Saprudin6 hari yang lalu
  • Pun10 aing teh bukan sunda people, but aing understand bbrp bahasa Sunda :v

    PanPanPanPan6 hari yang lalu
  • Bangga jadi orang Sunda 😊💕Nuhun kak Cacil tos ngenalkeun sareng ngajarkeun eonni-eonni Korea bahasa Sunda😸💖❤

    Maya Raina LiaMaya Raina Lia6 hari yang lalu
  • Ke yeeun ke yeunjen sunda pasar juga ada loh aku sunda kasar loh contoh:ayu manehma garebleg bawa aing sarebel hih coba

    anindha _26 likersanindha _26 likers6 hari yang lalu
  • Lapar=hayang dahar

    •Neko Editz channel••Neko Editz channel•6 hari yang lalu
  • Hadeuh euy d ajar bhs sunda mugi" sing tiasa kna bhs sunda Hatur nuhun

    Bebeb SundaBebeb Sunda7 hari yang lalu
  • coba belajar bhs jawa ada 4 tingkat kesopanan bahasanya. angka pun ada bahasa halus (formal)nya

    achan Laoachan Lao7 hari yang lalu
  • "Aing hayang dahar" bukannya kasar yaa?? wkwk

    Cat LoversCat Lovers7 hari yang lalu
  • meni di aingkn si teteh eta 🤣

    Ryan TrianaRyan Triana7 hari yang lalu
  • Kalo denger suara ketawanya kak cacil itu kayak...... 😂

    astried cahayaningastried cahayaning7 hari yang lalu
  • Belajar bahasa solo donk,dan sehari2..lebih seru kalii..🤗

    wasnisuharyowasnisuharyo8 hari yang lalu
  • Arti meren apa kak

    M KHAFID LATIFM KHAFID LATIF8 hari yang lalu
  • Bahasa Sunda adalah bahasa paling lembut di Indonesia. Dan bahasa sunda paling lembut di Jawa Barat adalah bahasa sunda kota/kab Bandung. Karena bahasa sunda daerah lain sedikit lebih kasar. Contoh bahasa sunda kasar adalah Banten.

    Jeni NuraeniJeni Nuraeni8 hari yang lalu
  • Hai kak

    Dendi SutendiDendi Sutendi8 hari yang lalu
  • Aing hayang lebok.. tahhh, terbaikkk 👍

    Dicky Diansya F.Dicky Diansya F.8 hari yang lalu
  • Orang Sunda ni 🤣🤚

    Kang Halu__Kang Halu__8 hari yang lalu
  • Klo di cewek di panggil jawab nya " kah" . Klo cowok jawab nya " kulan".

    Aisah LotusAisah Lotus9 hari yang lalu
  • Kak coba deh Bahasa batak atau logat medan Cocok bat Pasti😂😂😅

    Adelia NstAdelia Nst9 hari yang lalu
  • Anyeong haseo,pagi wilujeung enjing,sore wilujeung sonten,malam wengi.

    sehatulloh ullohsehatulloh ulloh9 hari yang lalu
  • Sebaiknya Yejin beli kamus bahasa sunda lbih baik

    sehatulloh ullohsehatulloh ulloh9 hari yang lalu
  • Minum itu ngaleueut, makan berkata dahar utk usia sama satu level kalau kpd org lbih tua Tuang klo kpd mbah nenek Neda

    sehatulloh ullohsehatulloh ulloh9 hari yang lalu
    • Ngaleueut itu ngopi(makan cemilan) Minum=eueut(halus)/nginum(kasar

      eddie stareddie star3 hari yang lalu
  • Kata sunda yg sedang itu mngucapkan abdi =saya utk bahasa sedang,sim kuring kalau Aing bahasa preman ,kasar jgn dipake

    sehatulloh ullohsehatulloh ulloh9 hari yang lalu
  • Baru tau ada chenel nya waktu itu mah liat di Tik Tok liat di IDworlds Hi ka

    Angelita B ManikAngelita B Manik9 hari yang lalu
  • Aku orang bandung

    Euis NonengEuis Noneng10 hari yang lalu
  • Saya suku Batak pas mau minta makan sama kawan orang Sunda malah dikira mau ngajak berantem, Hadeh

    Amanda LubisAmanda Lubis10 hari yang lalu
  • nami abdi nami urang nami simkuring nami aing ngaran abdi ngaran urang ngaran aing ngaran simkuring

    Dimas Baskara666Dimas Baskara66610 hari yang lalu
  • Aku kalau lagi berantem sama temen "Naon ai sia?!" 😂😂

    Min yoongi``Min yoongi``10 hari yang lalu
  • Nama gw disebut walau pun sekali doang(Abdi)

    Abdi AlfarizaAbdi Alfariza10 hari yang lalu
  • Bqhasa sunda pakai di korean mba

    SRifqi khairanSRifqi khairan10 hari yang lalu
  • aku orang wonosobo,kak jln2 ke daerah wonosobo dong ntar aku ajarin bahasa jawa😅😅

    who mewho me10 hari yang lalu
  • WHAT ??? Aing dibilang bahasa tengah2 ???? Itu bahasa udah paling kasar.. Hahahhahhahhahhaha.. Bisa langsung dibacok kalau tiba2 ngomong aing...

    CJ ParkCJ Park10 hari yang lalu
  • Lapar bahasa Sunda nya lapar juga,,,,,sama

    Yanti TresnaliaYanti Tresnalia10 hari yang lalu
  • Itu baru bahasa Sunda. Bahasa jawa juga ada 3 tingkat, tulisannya juga pakai aksara jawi. Belum bahasa kawi, bahasa jawa kuno, belum daerah lain ada ratusan bahasa. Makanya penting banget bahasa indonesia

    RaicRaic10 hari yang lalu
    • Belum juga ngoko,inggil,madya,kromo dan juga jawa ngapak,belum lagi logat setiap daerah berbeda beda seperti medhok dll🤣

      Azelda riki NaufalAzelda riki Naufal10 hari yang lalu
  • Njiir lucu banget,,eta saha guru basa sunda na😂😂😂

    adil gamingadil gaming10 hari yang lalu
  • Kalo biasanya sih orang Sunda ngobrol nya bahasa campuran Sunda Indonesia contohnya kayak 'naon ai kamu' itu setau aku soalnya aku sehari² ngobrol bahasa campuran Sunda Indonesia 🥰

    Wina 1933Wina 193311 hari yang lalu
  • Bahasa jawa sama bahasa sunda ada yang mirip" sedikit lah

    tanpa arahtanpa arah11 hari yang lalu
  • Pantesan kaya hafal tempatnya, ini sour sall* pvj yah haha

    PsychicRangerPsychicRanger11 hari yang lalu
  • ....selalu ramah dan rendah hati .... tipikan orang sunda ,semakin cantik dengan tutur kata yang halus .....

    Rosalia SupatonahRosalia Supatonah11 hari yang lalu
  • ....selalu ramah dan rendah hati .... tipikan orang sunda ,semakin cantik dengan tutur kata yang halus .....

    Rosalia SupatonahRosalia Supatonah11 hari yang lalu
  • aing hayang dahar itu kasar kalo normalnya urang hoyong dahar. Kasar : Aing Hayang Nyatu Loma : Urang Hoyong Dahar Halus : Abdi Palay Neda/Tuang dan tiap kota beda2 ya gatau juga soalnya nilai b.suda saya setandar wk

    Alego19Alego1911 hari yang lalu
  • Lebih bagus jika kalian belajar basa sunda hingga pasih...Agar viral se indonesia....,🙂🙂🙂🔥🔥

    Ridwan AndalemiRidwan Andalemi11 hari yang lalu
  • Ulah nu kasarrrr eceuuu,,,nke we lamun tos lila di bandung ajarkeun tah nu gaol na,,"hayank emam" tong dahar nyak emam atw tuang itu yg halus nya,,

    Nita ThasyaNita Thasya11 hari yang lalu
  • Abi bade tuang lebih lembut😂

    Nikita PricillaNikita Pricilla11 hari yang lalu
  • Seneng banget ngedenger kaka pake bhasa sunda:)💟

    사랑카이사사랑카이사11 hari yang lalu
  • 1 lagi yang belum di ajarin yaituuuu kata yang sangat melekat sama bahasa Sunda yaitu mah dan teh aku yakin panti orang sunda tiap ngomong ada kata mah dan teh contoh Abi teh geulis pisan,Abi mah kamari tos ti Bandung

    Qirena ImanaQirena Imana11 hari yang lalu
  • Aku laper=abdi lapar

    Maya NitaMaya Nita11 hari yang lalu
  • Teknik buat cari subscribe nih dia cewe

    Bayu SadewoBayu Sadewo12 hari yang lalu
  • Hai onie🙌

    Meri IstnainiMeri Istnaini12 hari yang lalu
  • Aing maung (sinb)

    star_ starmoonstar_ starmoon12 hari yang lalu
  • Abdi orang Sunda .abdi reseup pisan k Chanel iyeu, mantap

    Abdul RidwanAbdul Ridwan12 hari yang lalu
  • wait.. baru sadar klo kak priscilla lee masuk channelnya jaykeeout wkwk... video thn 2017 lalu wkwk idworlds.info/from/mrlpg8XYZaaolJo/video di menit 5:40 😁 bener ga sih??

    michelee jhonmichelee jhon12 hari yang lalu
  • Bahasa sunda ada bnyak versinya

    Rahmania ElvarianiRahmania Elvariani12 hari yang lalu
  • Aing hayang dahar, kayaknya bukan loma tapi kasar.

    Astri nAstri n12 hari yang lalu
  • Lucu kak

    Ahmad ZaidanAhmad Zaidan12 hari yang lalu
  • naha ujug-ujug aya video ieu dina beranda urang nyak ?? teuing ahh....lieurr mikiranna oge

    cimol666cimol66612 hari yang lalu
  • Kak bikin video reaksi orang Korea nonton mahasiswa demo dong:v

    zahra._boyverszahra._boyvers12 hari yang lalu
  • Ngakak mulu nonton video kaliann😂😂

    Uchy meowUchy meow12 hari yang lalu
  • Sis, there was a reaction to a funny incident during a demo in Indonesia, bro, this is the link idworlds.info/from/upufq9y6eqGsn9U/video

    Muhammad RaflyMuhammad Rafly12 hari yang lalu
  • Lapar mah lapar aja atuh.. abdi lapar bade tuang heula.. Emam, dahar, tuang, neda.. sarua artina makan

    Mine SaMine Sa12 hari yang lalu
  • Waduuh diajar Sunda kasar.. Neng lamun ngajar bahasa halus dulu atuh..

    Mine SaMine Sa12 hari yang lalu
  • Aku takut euy liat yg di kiri belakang, ada bapak2, kirain orang asli ternyata standee atau gambar gitu

    ciellibre _ciellibre _12 hari yang lalu
  • Aing mah kasar atuh teteh bukan loma wkwk Loma mah = urang, Kuring, uing, kaula

    Rama PutraRama Putra12 hari yang lalu
  • Oh cacill ini yang niruin suara meng yagasi?

    Nisrina SalsabilaNisrina Salsabila12 hari yang lalu
  • ABI HOYONG EMAM itu Bahasa Sunda nya Aku mau makan

    Risnawati SondariRisnawati Sondari12 hari yang lalu
  • naon ari sia tos jajablog can kehed

    Happy GamingHappy Gaming12 hari yang lalu
  • Tilu awewe sehat2 terus ya

    Iwan FirmansyahIwan Firmansyah13 hari yang lalu
  • Kak priscilla kuhh sama Kak Yejin Ku Yang Imut Imut yang Emes gemesin bikin konten dong ma kak bora plisss,lagi kangen kalian semua:)

    Ccp Gacha Life IndonesiaCcp Gacha Life Indonesia13 hari yang lalu
  • Sampurasun Baraya 🙏🏻

    Egi CulesEgi Cules13 hari yang lalu
  • idworlds.info/from/uZxngbuUcaSfd9U/video

    Heyo lisaHeyo lisa13 hari yang lalu
  • "React demo indonesia"

    Ku4r3pMuKu4r3pMu13 hari yang lalu
  • Di sundah adatnya agak sama kayak di jawa kalau mau lewat harus nunduk duldu

    Dila DillaDila Dilla13 hari yang lalu
  • Meni atoh tur bangga... Orang Korea hoyong di ajar bahasa Sunda. Mangga gali terus budaya Sunda msh seueur anu menarik .....

    Huge EnemmyHuge Enemmy13 hari yang lalu
  • Bahasa sunda aku lapar abdi lapar

    Adis DhelaAdis Dhela13 hari yang lalu
  • Sampurasun teh😅

    bilaa10 _bilaa10 _13 hari yang lalu
  • TULANYO= TUnduh LApar NYOgong.... aowkaokwaokwaowkwk

    Lukman SantosoLukman Santoso13 hari yang lalu
  • Duhhhh meuni lucu pisan nyah eneng eneng nu gareulis. Banyak fersi nyarios sunda mah.

    Tini SetiawatiTini Setiawati13 hari yang lalu
  • Kaya kenal tempatnya...Itu di pvj ya??

    Nadia nur aisyahNadia nur aisyah13 hari yang lalu
  • Bhs sunda itu lebih kompleks tp mirip2 korea dr segi bahasa dan budaya,,ada bhs formal/semi formal/informal,kata yg dipake buat diri sendiri, org tua,sebaya/teman atau kpda yg lebih muda/junior itu beda..dialek tiap daerah jg beda2 trus kata artinya sama tp beda kosakata dr kata yg sopan sampai yg paling kasar contoh makan yg artinya sama: tuang,neda,dahar,emam,nyatu,nyapluk,lolodok,barang hakan dll 😀 MATI ; pupus,maot,tilem dunya,ngantunkeun,paeh,modar,kojor,koid,mulih ka jati mulang ka asal ( pribahasa )😀 Belum lagi soal makanan yg disingkat Batagor,cilok,cimol,cireng,cipuk,colenak,gehu,gumih,midog,milor,dll Hatur nuhun kamsahamnida gomabsemnida 🙏

    Akang BrajamustiAkang Brajamusti13 hari yang lalu
  • Aing teh lieur lah wkwkwk😂

    pes Indonesiapes Indonesia13 hari yang lalu
  • 3:28 Abdi hoyong emam😂 klo gak salah sih🌚 Aku sebagai org sunda susah banget buat yg bahasa lembut nya jadi ya pake yg bahasa tengah itu yg ada lembut ada kasar😭

    Zafina Mirajiatul HakimZafina Mirajiatul Hakim13 hari yang lalu
    • @pes Indonesia sm wkwkk

      It's EllaIt's Ella12 hari yang lalu
    • wkkwk sm

      It's EllaIt's Ella12 hari yang lalu
    • Komo deui aing , hirup di daerah NU bahasa na kasar , beuh nambah kasar 😂

      pes Indonesiapes Indonesia13 hari yang lalu
  • Kaka itu di pvj yh?

    ITZ_ CLAUDIAITZ_ CLAUDIA13 hari yang lalu
IDworlds