BAHASA SUNDA biar SOPAN SANTUN WKWKWK @CACIL | 인도네시아 순다어 배우기

9 Okt 2020
96 308 Ditonton

#Sunda #bahasaSunda #Cacil #sopansantun
Hai guys! Minggu lalu kita pergi ke Bandung dan AKHIRNYA ketemu & collab dengan princess Cacil huhu dia ramah banget guys ga boong... kita terharu banget karena Cacil & keluarganya pada welcome kita di Bandung gitu hehe Hope you enjoy our collab! Saranghaeee

Komentar
  • KA YEEUN KA YEJIN SEMUANYA RAMAH BANGETT!!! Semoga bisa ketemu lagii🥺❤️ Love uu!! Seru bangetttt! Sebelumnya maaf kalau ada salah salah kata atau ada yang kurang tersampaikan waktu ngajarin eonni! Cacil juga masih belajarr huhuu🥺❤️ pokoknya sehat selaluuu!

    CACILCACIL3 bulan yang lalu
    • Teh cacil kumaha damang di jakarta mugia sehat sehat we di jakarta na nya salam ti abdi dudung

      Dudung KarohmanDudung KarohmanBulan Yang lalu
    • Gemes liat cacil

      Boy KoreanBoy KoreanBulan Yang lalu
    • Ka cacil lucu banget 😂😂

      Georgia LilyGeorgia Lily2 bulan yang lalu
    • BHS sunda nya aku laper abdi laper

      Syifawati IbrahimSyifawati Ibrahim2 bulan yang lalu
    • Ok

      Syifawati IbrahimSyifawati Ibrahim2 bulan yang lalu
  • Kalau nunduk sambil tangan dibawah.. berarti itu bahasa tubuh walau kita gak bersuara itu orng2 sudah mengerti..

    Illan Ncc CkdIllan Ncc CkdHari Yang lalu
  • Untuk keluarga Saya= abdi,urang,aing. Kamu= anjeun,maneh,sia. Ayah= bapa,rama. Ibu= ibu,indung. Kakak= teteh untuk perempuan,aa untuk laki laki. Adik= adi. Nenek= nini,ma. Kakek = aki. Paman=amang. Tante= bibi. Untuk teman= babaturan

    Rusdibin AslimRusdibin Aslim12 hari yang lalu
  • Next Belajar bhasa Medan

    serba_serbu seruserba_serbu seru18 hari yang lalu
  • Kak kalo mukbang lagi cobain dessert box Najla yg viral enak bgt

    Brillian NabillaBrillian Nabilla22 hari yang lalu
  • Belajar aksara sunda donk

    Ahmad SolihinAhmad Solihin24 hari yang lalu
  • Perih. Beuteng

    ADM PDP yogaADM PDP yoga26 hari yang lalu
  • Ari aku lapar mah

    ADM PDP yogaADM PDP yoga26 hari yang lalu
  • baru nemu cewe cewe korea gesrek

    Jodi GustamanJodi Gustaman29 hari yang lalu
  • Kak Yeeun dan kak Yejin hebat... baru diajarin udah bisa😀 gw?!!... Gw yg udah beberapa tahun tinggal didaerah sunda baru lancar...🤣

    FIDIYATUL AZKAFIDIYATUL AZKABulan Yang lalu
  • Yejin geulis pisan...

    sulthon antonsulthon antonBulan Yang lalu
  • Belajar bahasa Jawa pasti bingung, ada Ngoko Alus , kromo Alus ,kromo Inggil, ngapak

    Sarmia RizkayantiSarmia RizkayantiBulan Yang lalu
    • di sunda juga ada kok, ada tingkatannya gitu, bahasa halus, bahasa kasar, bahasa indonesia juga sama kan ada halus sm kasarnya hihihi

      Citra Kirana HutamiCitra Kirana Hutami2 hari yang lalu
    • bener2,aku biasane nganggo ngoko lugu sih:)soale wes biasa ngono

      peachgirlspeachgirlsBulan Yang lalu
  • Damang sadayana 😎😎😎😎👍👍

    Warsinta Belum pengalamanWarsinta Belum pengalamanBulan Yang lalu
  • kak coleb dong sama alwi

    Evi YantiEvi YantiBulan Yang lalu
  • Kak Coba Buat Konten Cara Belajar Bahasa Korea kak

    Adi PutraAdi PutraBulan Yang lalu
  • Kak Coba Buat Konten Cara Belajar Bahasa Korea kak

    Adi PutraAdi PutraBulan Yang lalu
  • Kalo gak 'abdi' bisa pake 'abi' teh.. biar ga susah ngomongnya haha

    Naila ArrumaishaNaila ArrumaishaBulan Yang lalu
  • Kesel banget anjir orang yang di belakang pengen gua getok pake kaca mata sama palanya biar kagak liat ke arah cacil sama yeeun yejin kesel banget sabar ya tuhan sabar

    Shabnam Nafeeza AquiShabnam Nafeeza AquiBulan Yang lalu
  • ada lima tingkat ternyata kata mbah google 1. Basa Luluhur 2. Basa lemes 3. Basa sedeng 4. Basa wanoh 5. Basa kasar berarti ada 5 varian untuk setiap kata lier lur

    harjib haridhharjib haridhBulan Yang lalu
  • 5:58 punten gopud (Andi Andinata)

    Teresa Avila KanayaTeresa Avila KanayaBulan Yang lalu
  • Level max: Naon sia

    ASK GarTazASK GarTazBulan Yang lalu
  • 🥳🥵🥶LoL

    Azhar DekselAzhar DekselBulan Yang lalu
  • Abdi hoyong emam Kaula hayang dahar AING HAYANG NYATU.. Tingkatan sunda alus ke kasar di banten...

    Lee AgusLee AgusBulan Yang lalu
  • Abdi Orang Sunda

    Hani Nur OktafianiHani Nur OktafianiBulan Yang lalu
  • 안녕 형제

    Alma NoviaputriAlma NoviaputriBulan Yang lalu
  • nomor telpon cacil apa nya

    azka nur halizahazka nur halizahBulan Yang lalu
  • Aku orang Sunda

    Zuleykhaa AliyaZuleykhaa AliyaBulan Yang lalu
  • Pengen ku bungkus kalian berdua... Kocak.... Lucu parah

    saeful majidsaeful majidBulan Yang lalu
  • Kak,kalo aku ketemu kak Yejin sama kak Yeeun pengen belajar bahasa korea soalnyaaku tertarik samabahasa korea😁

    yunisa septyayunisa septyaBulan Yang lalu
  • Lucu bgt

    Unang SutoroUnang SutoroBulan Yang lalu
  • Lucu bgt

    Unang SutoroUnang SutoroBulan Yang lalu
  • Wah kak cacil cantik banget suaranya lucu banget

    Vivi SeptiVivi SeptiBulan Yang lalu
  • Sunda itu banyak beda dengan bahasa nasional Contoh. Indonesia (Makan) Coba Kalau Sunda (Dahar/mam/tuang/Cece trek/tetegig/Nyatu/Babadog/ Banyak Kan hehehe Salam Ti Sim Abdi Ti Sunda Bandung Ka Teteh" Teteh

    Abdul MujibAbdul MujibBulan Yang lalu
  • kak Priscilla collab sama ria ricis dong siapa tau nanti di ajarin cara pakai jilbab 히잡 입는 법을 가르쳐 줄 Sis, Priscilla Collab 및 Ria Ricis

    army sejatiarmy sejatiBulan Yang lalu
  • WUAH LAMA KELAMAAN NEGARA KOREA MULAI MELOKAL

    RAP ENTERTAINMENTRAP ENTERTAINMENTBulan Yang lalu
  • Kalo ,"Aku mau makan" : abdi hoyong emam"

    Azka Dewi Shafwa 6BAzka Dewi Shafwa 6BBulan Yang lalu
  • MAKAN: 1. Tuang = di ucapkan saat kita berbicara pada orang yang lebih tua 2. Eumam = di ucapkan saat kita berbicara pada Anak-anak 3. Dahar = di ucapkan saat kita berbicara pada orang se usia kita 4. Nyatu = di ucapkan saat berbicara pada teman akrab dan ini sangat Kasar. 5. Ngawadang = di ucapkan seorang ibu kepada Anak dewasa bahasa ini biasanya sering digunakan di pelosok perkampungan ( makan siang) 6. Mumuluk = ini pun sama di ucapkan seorang ibu kepada anak yang dewasa, namun yang ini biasanya pada waktu pagi, ( sarapan pagi) 7. Lolodok = ini di ucapkan saat kita berbicara kepada teman teman kita yang preman, (genk) bisa juga buat hinaan, atau dalam candaan, lelucon, dan anekdot, tergantung situasi dan kondisi. Semoga bermanfaat.

    ajoteaajoteaBulan Yang lalu
  • Sundanese can relate😁😁😁

    Tanisa ParasdwikaTanisa ParasdwikaBulan Yang lalu
  • Collab lagi doonggg seruuu kalau ada cacill

    hanifah ahmadhanifah ahmadBulan Yang lalu
  • Kak. Coba bicara Korea di mol sama beli beli. Bubiar mikir bahasa 😇🙂

    salsa. azira channelsalsa. azira channelBulan Yang lalu
  • 'Naon ai maneh' sumpah sunda bet😂😂

    Jamie alemdra WandiJamie alemdra Wandi2 bulan yang lalu
  • Daerah/kota yang biasa nya pakai b.sunda lemes : Sumedang,tasik,bandung,garut,cianjur Daerah/kota yang biasa nya pakai b.sunda kasar : sunda banten/lebak

    Aria Fajar RamdhanyAria Fajar Ramdhany2 bulan yang lalu
  • Wah namaku Aya..naon 🤣🤣🤣

    Claudia Aya BxBClaudia Aya BxB2 bulan yang lalu
  • Adik kaka cocok ber dua,,kompak selalu..mantul..salam dari kalimantan..

    Abd KhadierAbd Khadier2 bulan yang lalu
  • Naon naon nya kaya mau ajak berantam di kamera,,hahahahaha...

    Abd KhadierAbd Khadier2 bulan yang lalu
  • Tuh yg bikin salfok do kaca apa nggak patah yaaa kepala nya??? 🤣🤣🤣🤣🤣🤣(mikir dalam hati) ehhhh trnyata cuma gambar... 😆kiraiin org betul an....pantes tahan banget kepala nya😂😅

    Andi Sri MulyanaAndi Sri Mulyana2 bulan yang lalu
  • aku mau makan [ABDI HOYONG EMAM] kak

    keyra refanesyakeyra refanesya2 bulan yang lalu
  • Part 2

    Trisna JulaekaTrisna Julaeka2 bulan yang lalu
  • Aku orang Sunda ibu aku bisa bahasa Sunda kk

    kana chnnelkana chnnel2 bulan yang lalu
  • Kak keturunan orang indo atau korea

    Kalis SkdKalis Skd2 bulan yang lalu
  • Aku org sunda kak❤️

    himx edtshimx edts2 bulan yang lalu
  • Aku jadi mau ketemu cacillllll

    Djunaedi PALDjunaedi PAL2 bulan yang lalu
  • Ya Allah lucuba nget

    Djunaedi PALDjunaedi PAL2 bulan yang lalu
  • Kk yejin bilang bang Alwi ngakak aku 😂😂😂😂😂😂🤣🤣🤣🤣

    astiti dana jejaitanastiti dana jejaitan2 bulan yang lalu
  • Kak cuma gitu aja ya vidio nya,gak kayak maksudnya itu kayak kakak suruh cacil pakai bahasa barbie soal nya cacil itu banyak kak bahasanya

    Sesa Ria JunitaSesa Ria Junita2 bulan yang lalu
  • Bukan hyang ya tapi bade

    erwin saputraerwin saputra2 bulan yang lalu
  • Kaya nya seru banget gaul dengan kalian...wkwkwkwk...lucu, cantik, pintar 👍😂😂 Yeeun, Yejin, cacil 🥰

    Marina HeldianaMarina Heldiana2 bulan yang lalu
  • "Aing hayang dahar" itu kasar kak bukan loma lagi, yang lebih kasar lagi "aing hayang jajablok" -cuma memberitahukan hehe

    MRXMRX2 bulan yang lalu
    • 😅😅

      Khumaira AisyahKhumaira Aisyah2 bulan yang lalu
  • Kumaha(gimana) teh(kak) atos(udah) tiasa(bisa) bahasa(bahasa) Sunda?(Sunda?)

    dede rusyanadede rusyana2 bulan yang lalu
  • Lucu ya.. Kumaha damang teh yejin.abdi nembe hadir di chanelna teh yejin .. Kalau "aku lapar"( bahasa indonesia) sundanya " hoyong tuang" (halus) Kalau bahasa halus sunda di ucapkan go banyak sih yang pasih halusnya..kalau bahasa sunda ucapkan seperti kita mendengar suara seruling di tengah tengah sawah atau pegunungan yang indah..karena untuk mengucapkan bahasa yang halus harus pake perasaan.sehingga bisa menyentuh atau menyatu dengan bahasanya itu ttersebut..mkasih ya dah uplod soal bhsa sunda..

    Asep KusnandiAsep Kusnandi2 bulan yang lalu
  • Kak yeeun dan yejin kalau mau belajar bahasa sunda kasar belajarnya sunda kota Karawang. Ngegas polllll

    Syntiani DeviSyntiani Devi2 bulan yang lalu
  • 안녕 아름다운 여동생

    Alicia KartikasariAlicia Kartikasari2 bulan yang lalu
  • Kak pris punya tiktok tidak? Klo punya apa namanya kak☺😉

    Nia RamadhaniNia Ramadhani2 bulan yang lalu
  • Kasih part 2 nya dong kak

    Mutia SyiffaMutia Syiffa2 bulan yang lalu
  • Hohooii neng Cacil apal ka nu basa Loma. Salut lah, kari dijeroan deui undak usuk basa Sundana!👍

    Angga the FullmoonAngga the Fullmoon2 bulan yang lalu
  • kak pris, next collab sama kak jinju dan kak ai dong hehe😁😁

    box of kpopbox of kpop2 bulan yang lalu
  • Kalau mau makan abdi hoyong emam

    Naila ZulfianiNaila Zulfiani2 bulan yang lalu
  • Aku orang bandung cewe kamu semuanya bener

    Naila ZulfianiNaila Zulfiani2 bulan yang lalu
  • Kaka bkn nya harus nya abdi palay emam itu artinya aku mau makan😇

    Dila 12Dila 122 bulan yang lalu
    • Palay itu mau yh kak semoga berhasil belajar bhs Sunda nya

      Dila 12Dila 122 bulan yang lalu
  • Abdi hoyong/palai tuang - Sopan Uing hayang dahar - Loma Aing hayang dahar - Kasar Aing hayang madang - Kasar Banget 😂😂 Aing hayang babadog - Terlalu Kasar 🤣🤣🤣

    Mario AllonzMario Allonz2 bulan yang lalu
  • Namaku ada sae nya 😂 saesarah

    Kaswoto GatotKaswoto Gatot2 bulan yang lalu
  • kumaha daramang akang teteh😁😁

    Ryan Triana996Ryan Triana9962 bulan yang lalu
  • Yang tau likeee ya👌

    Susi SusantiSusi Susanti2 bulan yang lalu
  • Rumah caciiiilllll di mana?????

    Susi SusantiSusi Susanti2 bulan yang lalu
  • suara kak cacil lucu banget😄😅

    jiska auliajiska aulia2 bulan yang lalu
  • Kayak na seru ujur nya

    Nina sekar mutiaNina sekar mutia2 bulan yang lalu
  • Kak cacil cantik banget 😘😍

    Dikah NurhalizaDikah Nurhaliza2 bulan yang lalu
  • Nanishiteruno Priscilla-Chan, Yejin-chan?? プリシラちゃん、イェジンちゃん何してるの?? YEEUN, YEJIN u are Face like sunda girl. if u silent maybe indonesian people didn't know if u are korean or sunda or indonesian tinghoa. cause that's face very similiar. sory my english so bad. i am apologize if u not understand. Etooo! Ano nani? sumimasen すみません ? Rikai dekimasen 理解できません!? Wakaranai わからない!? LOL :)

    Aaron AbhizarAaron Abhizar2 bulan yang lalu
  • Aku orang sunda tapi nilai pelajaran sunda ku jelek😭😭emang susah banget kalo ada pr itu bisa nanya sama nenek soalnya nenek ku jago banget bahasa sunda nya tapi sunda lembut level 1 dan kayak nya emang semua orang tua tua nya itu yg lembut lembut jago🙄tapi tetep sedih kenapa nilai ku jelek😭😭

    LEBIH TERANGLEBIH TERANG2 bulan yang lalu
  • untuk anak anak makan:emam minum:mimi mandi:ibak

    vadelia jovannavadelia jovanna2 bulan yang lalu
  • Mau ngasii tau kak, aku belajar bahasa Sunda karna nonton *JURNALRISA* .. dikit² bisa laaa, insyaallah 👌

    Desta AriyaniDesta Ariyani2 bulan yang lalu
  • 5:40 aku lapar=Abdi lapar

    Lorenchia raghetta aldebaranLorenchia raghetta aldebaran2 bulan yang lalu
  • Aku orang sunda di bandung selatan

    Asep HermawanAsep Hermawan2 bulan yang lalu
  • Org bandung hadirr😂

    Lorenchia raghetta aldebaranLorenchia raghetta aldebaran2 bulan yang lalu
  • penggunaan 'aing' itu lebih kasar dari 'urang' dan 'hayang' bisa diperhalus jadi 'hoyong' sementara dahar umum digunakan dalam bahasa pergaulan meski bukan yang halus tapi lebih baik daripada 'nyatu' sedangkan 'emam' basa Sunda pengembangan baru biasa digunakan untuk bicara pada anak kecil

    Asti AdisudarmaAsti Adisudarma2 bulan yang lalu
    • mungkin dia sehari hari tidak bicara bahasa sunda. sekarang rata rata orang bandung bicaranya dicampur sama bahasa Indonesia

      Beas DLiwetBeas DLiwet2 bulan yang lalu
  • Seruh banget kepengen ikutan deh jadinya .semoga ada pelajaran bahasa sunda di korea juga pasti seru

    Jaenal MustaqimJaenal Mustaqim2 bulan yang lalu
  • Aing tu kasar bkn loma wkwk

    Choreo_ 30Choreo_ 302 bulan yang lalu
  • Emang the best sih😁

    3 Among3 Among2 bulan yang lalu
  • Sok atu sina di alajar bahada sunda

    Ag Gm Jempollikers indonesiaAg Gm Jempollikers indonesia2 bulan yang lalu
  • Upami abdi parantos di kelas Panangan sidakep di luhur bangku😂

    Ag Gm Jempollikers indonesiaAg Gm Jempollikers indonesia2 bulan yang lalu
  • Asik orang korea ke indonesia aku sauang Daerah KoRea ilove korea😍😘 aku sayang korea

    zahra ramadhanizahra ramadhani2 bulan yang lalu
  • hencet berem

    jemiprojectjemiproject2 bulan yang lalu
  • Lieur Sirah

    Rudiansyah 19Rudiansyah 192 bulan yang lalu
  • Aing itu paling kasar mincreung.. Kalau tengah2 itu urang bukan aing..haduh...

    dhanz jambuldhanz jambul2 bulan yang lalu
  • Lebih kasarnya mkn =nyatu

    MAS ONE PRISENTSMAS ONE PRISENTS2 bulan yang lalu
  • Tepang keun nami abdi lee han ,wios abdi wawu sareng ajeun neng gelis ti korea tea .

    lehan channellehan channel2 bulan yang lalu
  • Abdi hoyong mamam ..itu sunda kasar apa halus yhh?? Serius nanya

    eddie stareddie star2 bulan yang lalu
    • biasanya dipakai untuk bocah ketika dia mengutarakan keinginannya kepada orang tua. kecuali kamu bilang aing hayang nyatu (sangat kasar sekali)

      Beas DLiwetBeas DLiwet2 bulan yang lalu
    • Ayoo yg tau kasih tau dong

      Priscilla LeePriscilla Lee2 bulan yang lalu
  • Salam ti Sunda Brebes dulur sadaya

    Olis JOlis J2 bulan yang lalu
  • Salah satu opsi dari sekian banyak varian kata dan tingkatannya: Lemes: Abdi hoyong tuang Sedeng: Urang hayang dahar Kasar: Aing rek nyatu heula Kasar pisan ka batur: Sia jajablog jug...!

    El KobenozEl Kobenoz2 bulan yang lalu
  • Kak cacil orang suda ya Sunda kasar apa alus? Klo aku sunda kasar

    Cha DutCha Dut2 bulan yang lalu
IDworlds