KOREANS🇰🇷 & BUDAYA SUNDA | 인도네시아 순다족 문화 공부하기 | SUNDANESE CULTURE

2 Jun 2020
62 498 Ditonton

#budayaSunda #Sundaneseculture #Sunda
Halo teman-teman! Kali ini aku, Yejin, dan mami coba mempelajari tentang budaya Sunda. Ternyata banyak sekali yang request video ini, dan kita pun dengan senang hati bisa belajar budaya baru! We thank you so much, soalnya kita bener2 belajar banyak hal tentang suku Sunda. Hope you enjoy!
Jangan lupa subscribe, like, dan komen ya guys love love you
Business inquiries:
prayer421@gmail.com
Get to know me!
IG: @pris421, @dleeyejin
Belajar bhs Korea yuk!
Tiktok: @pris.421
Music in this:
Music by Elli Moore - Somebody To Talk To - thmatc.co/?l=89807648
Original video:
idworlds.info/from/rMdom7OUoY-Mhqc/video

Komentar
  • Pabaliut kurang mewakili budaya sunda😅

    Rudi barokahRudi barokahJam Yang lalu
  • Saya baru tau channel ini....saya merasa bangga sebagai orang Sunda asli....😗

    Hira GurnitaHira Gurnita3 hari yang lalu
  • Mungkin kulit putih orang Bandung itu juga karena cuaca yang dingin, air juga dingin. Dikelilingi pegunungan.

    PUSPITA YULI PRADITAPUSPITA YULI PRADITA3 hari yang lalu
  • Di persunting itu artinya di nikahkan kak

    antoni wijayantoantoni wijayanto4 hari yang lalu
  • Di ajar bahasa sunda lebih rumit dari bahasa lain nya karena banyak undak usuk basa bahasa sunda ada bahasa yang halus.sedang.dan ada yang kasar nya

    Agus OmbingAgus Ombing4 hari yang lalu
  • Dipersunting itu kak dinikahi

    Fikri Fauzi Putra HidayatFikri Fauzi Putra Hidayat4 hari yang lalu
  • Kalau sayuran mentah yg dicocol sambal namany lalap, kalau yg yg pakai bumbu seperti gado-gado namanya karedok, ya bedanya kalau gado-gado sayurnya direbus kalau karedok mentah. Oh iya, orang Sunda kadang bisa dikenali dari namanya yg "rhyming" contohnya yg terkenal adalah "Yayan Ruhian" (Yg jadi Mad Dog di film The Raid, dan terakhir di jd guest di John Wick 3, bersama Cecep Arif Rahman, yg jg org Sunda, nama Cecep jg nama Sunda) Tidak semua org Sunda namanya seperti itu, tp kalau afa yg seperti itu pasti orang Sunda.

    Chaserbaa MalchChaserbaa Malch6 hari yang lalu
  • Garut mana suangeun na wkwkw

    Mamang KancilMamang Kancil6 hari yang lalu
  • bandung itu ibu kotanya jawa barat d persyunting itu artinya di nikahi

    muklis aldy putramuklis aldy putra6 hari yang lalu
  • Kmu mau aku persunting,tapi jngn mamaknya ya 😁😁😁😁😁

    Nanang NanangNanang Nanang7 hari yang lalu
  • Suku Sunda sebenarnya bukan hanya di Jawa barat aja ka, ada di Banten, sebagian lampung dan sebagian Jawa tengah yang berbatasan dengan jawa barat

    Ahmad RudianaAhmad Rudiana7 hari yang lalu
  • idworlds.info/from/38t8bdrUhmJ0jKM/video

    sunday chanelsunday chanel8 hari yang lalu
  • Kalo ngak salah angklung dari sunda

    Ufi RahmahmufidahabdurrahmanUfi Rahmahmufidahabdurrahman10 hari yang lalu
  • kak saya orang sunda☺️

    Reyna EditzReyna Editz13 hari yang lalu
  • Bhs sunda mudah di pelajari ounii

    Jay AjehJay Ajeh17 hari yang lalu
  • Daramang ieu teh??

    sabila putrisabila putri17 hari yang lalu
  • Kak itu yang di jendela apaan

    Ketupat sayur anak padangKetupat sayur anak padang17 hari yang lalu
  • So yang orang Sunda jangan malu-maluin Sunda dan suka salah salahin kata kata Sunda Contoh nya saya dalam bahasa Sunda abdi,tapi banyak yang salah pengucapan maupun penulisan jadi kata Abi yang harusnya abdi malah Abi Aduh kebanyakan bergaya Jakarta loe gue apa loe Haduh kamana atuh gaya 🤣🤣🤣

    LHUPUZ-703LHUPUZ-70319 hari yang lalu
  • Hidup Pasundan ☝️☝️☝️

    LHUPUZ-703LHUPUZ-70319 hari yang lalu
  • Sunda - Jawa itu beda tapi sama, sama tapi beda. beda bahasa & budaya tapi mempunyai leluhur yg sama.

    ᮚᮔ᮪ ᮊᮥᮛᮤᮃᮔ᮪ᮚᮔ᮪ ᮊᮥᮛᮤᮃᮔ᮪19 hari yang lalu
  • Mantap, haturnuhun bahas Sundanese, bahas tari tradisional nya Jawa Barat, jaipong angela dwi khoirunnisa

    Angela dwi khoirunnisaAngela dwi khoirunnisa24 hari yang lalu
  • Urang sunda mana yeuh? :)

    Haryansah MkHaryansah Mk26 hari yang lalu
  • Kamu harus makan KAREDOK, makanan seperti gado gado tapi sayurannya mentah dan pakai bumbu kacang makannya pakai kerupuk.

    Pieter TuwanakottaPieter Tuwanakotta27 hari yang lalu
  • Persunting itu menikah/memperistri

    Umay Mutiara20Umay Mutiara2028 hari yang lalu
  • sebetulnya tidak semua orang jawa barat semua berkulit putih tp yg iklim sub trofis yang dekat daerah pegunungan saja

    hena herawatihena herawati29 hari yang lalu
  • Di persunting itu di nikahkan kan

    manusia biasamanusia biasaBulan Yang lalu
  • Request kak, tolong review atau buat konten tentang Suku Batak kak.. Hehe.. Karena batak itu tidak hanya 1 jenis batak saja.. Terimakasih kakak.. 🙂🙂

    Else situmorangElse situmorangBulan Yang lalu
  • Kak coba bahasa tentang bali dong

    Dwi YantoDwi YantoBulan Yang lalu
  • Kak kak aku mau request buat video mempelajari budaya melayu dong :) hehehe

    Sahana siswaySahana siswayBulan Yang lalu
  • Korean feat sundanis hatur kasadayana

    manusia experimentmanusia experimentBulan Yang lalu
  • Dipersunting artinya dinikahkan

    Reno PandhalunganReno PandhalunganBulan Yang lalu
  • Di persunting org belanda, berarti di nikahin oleh orang belanda jaman dulu...

    Deva GianaDeva GianaBulan Yang lalu
  • Maenya orang sunda karasep teh

    IMRON KHOERUMAN AZAMIMRON KHOERUMAN AZAMBulan Yang lalu
  • Sampurasun sadulur salembur baraya sa kota

    wisnu artwisnu artBulan Yang lalu
  • Kak bandung itu y dari suku sunda betawi,jakarta,bandung dll itu semua suku sunda ok

    Cahyo WiyonoCahyo WiyonoBulan Yang lalu
  • Sebenarnya sih cuma ada 3 bahasa daerah yang masuk ke dalam google translate yaitu, Bahasa Jawa, Sunda, dan Bali

    X Rwan EntertaimentX Rwan EntertaimentBulan Yang lalu
  • Hampir sama teh sama orang jawa (gaya tangan)... Oh iya teteh bilang haturnuhun (terima kasih) dan kami jawab sawangsulna(sama-sama). Akang (kaka laki2), teteh(kaka perempuan). Bilih aya kakukarangan nana, saya mohon dimaafkan.

    Ari ZackAri ZackBulan Yang lalu
  • Belajar karawitan teh (nyanyi lagu sunda)... Hampir sama dgn nyanyi korea yang trot(kalo teteh uda tau pasti bilang haaaa iya sama beda2 dikitlah)...

    Ari ZackAri ZackBulan Yang lalu
  • "DIPERSUNTING " ARTINYA DINIKAHI ATAU DIKAWINI !

    Jeff JeroJeff JeroBulan Yang lalu
  • Sawangsulna =sama2

    ziddni rizkyziddni rizkyBulan Yang lalu
  • Di persunting sama di nikahi

    ziddni rizkyziddni rizkyBulan Yang lalu
  • Suku bali, suku minang, suku batak, suku dayak, suku papua, suku minahasa, suku toraja, suku aceh kak 🤲

    Jessica JJessica JBulan Yang lalu
  • Di persunting itu di nikahi

    Naufal fairuz RizqullohNaufal fairuz RizqullohBulan Yang lalu
  • Urang Sunda mah raramah.

    Suhendar DakoSuhendar DakoBulan Yang lalu
  • Orang Sunda mah garelis👍😂

    Salsabila zahra PeratuSalsabila zahra PeratuBulan Yang lalu
  • dipersunting tuh dinikahin

    Steffi SulaimanSteffi SulaimanBulan Yang lalu
  • Onnie request untuk budaya Dayak lah ☺️😊

    Veronika TitinVeronika Titin2 bulan yang lalu
  • Belom liat aku beauty vlog yang maen ke pedesaan 😂😂😂

    sani rahayusani rahayu2 bulan yang lalu
  • Mohon maaf ka, sblmnya, orang sunda sering makan, makanan mrntah itu, orang sunda identik dengan makan sama lalapan, jdi lalapan nya itu enggak di masak, begitu ka

    Lukman Oficial56Lukman Oficial562 bulan yang lalu
  • Mempersunting artinya ( di nikahi / nikah )

    Muhammad riskiMuhammad riski2 bulan yang lalu
  • Dipersunting (dinikahi)

    ira aryantiira aryanti2 bulan yang lalu
  • Kalo di sunda sambal terasi disebut sambeul tarasi

    Devano AdliDevano Adli2 bulan yang lalu
  • Siapa org Sunda kasih jempol....

    chef adwinchef adwin2 bulan yang lalu
  • Kak abdi teh orang sunda hatur nuhun pisan lamun aya video lagi punten abdi teh resep pisan video iyue

    NENDAH ratnaNENDAH ratna2 bulan yang lalu
  • Di persunting itu di nikahin kk

    Erika ViolaErika Viola2 bulan yang lalu
  • Bandung terdapat di Jawa barat, bahkan Bandung menjadi ibu kota jawa barat

    Silmi solihatSilmi solihat2 bulan yang lalu
  • Trims videonya, sy jadi tau kenapa keluarga dari ibu putih2 semua, aku kira leluhur keluargaku ada campuran keturunan negara lain atw suku lain eh ternyata emang sunda asli itu berkulit cerah yah...jadi justru yg berkulit agak gelaplah yg ada campurannya😯

    Ridwan GustiarRidwan Gustiar2 bulan yang lalu
  • Aku orang sunda hadirr

    RIDWANRIDWAN2 bulan yang lalu
  • Coba belajar bahasa Batak kak

    Reffi AgustinReffi Agustin2 bulan yang lalu
  • Angklung. Karinding juga aslii sunda.

    Haris SalimLHaris SalimL2 bulan yang lalu
  • Seblak. Cilok. Batagor. Combro. Cireng. Baso aci. Dll. Itu asal dan asli dari sunda onni. Cuma sekarang udah dijual dimana2 karena org2 daerah lain padasuka

    Haris SalimLHaris SalimL2 bulan yang lalu
  • Iyaa woiii org" Sunda putih" kek China

    Mager caMager ca2 bulan yang lalu
  • di persunting = di nikahi 😂

    Mario TamaraMario Tamara2 bulan yang lalu
  • Debus itu kyk.ny juga budaya sunda

    iwiz channeliwiz channel2 bulan yang lalu
  • Dipersunting tu dinikahi

    20-119 Shayra Anastasya Shafwani20-119 Shayra Anastasya Shafwani2 bulan yang lalu
  • Bisaan euy sunda mah kudu maju 👍

    Deni HerdiawanDeni Herdiawan2 bulan yang lalu
  • Bisaan euy sunda mah kudu maju 👍

    Deni HerdiawanDeni Herdiawan2 bulan yang lalu
  • Sunda = nama suku Bandung = daerah orang sunda tinggal Jawa barat = provinsi dimana bandung ada disana Fyi: jawa barat tidak full sunda, ada juga jawa. istimewa orang-orang tinggal dijawa barat bisa 2 bahasa (jawa dan sunda) tapi sehari hari bahasa jawa. tapi orang sunda yang tinggal di jawa barat ga bisa bahasa jawa🤣tpi daerah lain bisa bahasa sunda dan jawa. campuran etnis asing sunda : belanda dan jepang. ada juga leluhur orang korea di jawa barat, daerahnya di garut, anak anak cucu cucunya tinggal disana. Nama beliau Yang Chil Sung, nama lokalnya di garut Komarudin.

    hamba tuhanhamba tuhan2 bulan yang lalu
  • Dipersunting itu dinikahi kakak

    Sinta AplilianSinta Aplilian2 bulan yang lalu
  • dipersunting itu dinikahi atau dijadikan istri/suami penjajah belanda

    Rokhmadi MadiRokhmadi Madi2 bulan yang lalu
  • Kak coba sekali kali reaction budaya padang

    Putra batamPutra batam2 bulan yang lalu
  • Dipersunting =dinikahi

    Dika SuhendraDika Suhendra2 bulan yang lalu
  • Aksara/Tulisan Latin : Fakta SUNDA lainnya, 15 % penduduk Indonesia itu adalah Sundanese. Gadis Sunda terkenal karena kecantikanya, makanya banyak selebritis Indonesia itu berasal dari orang Sunda. Dan kota Bandung adalah ibu kota dari Jawa Barat. Nama Jawa Barat sendiri adalah nama dari pemerintah Indonesia, sedangkan orang Sunda sendiri menyebut Jawa Barat dengan sebutan Tanah Pasundan atau Bumi Parahyangan. Hatur nuhun 🙏 Rahayu Aksara/Tulisan SUNDA kuno: ᮖᮊ᮪ᮒ ᮞᮥᮔ᮪ᮓ ᮜᮄᮔ᮪ᮑ, |᮱᮵| % ᮕᮨᮔ᮪ᮓᮥᮓᮥᮊ᮪ ᮄᮔ᮪ᮓᮧᮔᮨᮞᮤᮃ ᮄᮒᮥ ᮃᮓᮜᮂ ᮞᮥᮔ᮪ᮓᮔᮨᮞᮨ. ᮌᮓᮤᮞ᮪ ᮞᮥᮔ᮪ᮓ ᮒᮨᮁᮊᮨᮔᮜ᮪ ᮊᮛᮨᮔ ᮊᮨᮎᮔ᮪ᮒᮤᮊᮑ, ᮙᮊᮑ ᮘᮑᮊ᮪ ᮞᮨᮜᮨᮘᮢᮤᮒᮤᮞ᮪ ᮄᮔ᮪ᮓᮧᮔᮨᮞᮤᮃ ᮄᮒᮥ ᮘᮨᮛᮞᮜ᮪ ᮓᮛᮤ ᮇᮛᮀ ᮞᮥᮔ᮪ᮓ. ᮓᮔ᮪ ᮊᮧᮒ ᮘᮔ᮪ᮓᮥᮀ ᮃᮓᮜᮂ ᮄᮘᮥ ᮊᮧᮒ ᮓᮛᮤ ᮏᮝ ᮘᮛᮒ᮪. ᮔᮙ ᮏᮝ ᮘᮛᮒ᮪ ᮞᮨᮔ᮪ᮓᮤᮛᮤ ᮃᮓᮜᮂ ᮔᮙ ᮓᮛᮤ ᮕᮨᮙᮨᮛᮤᮔ᮪ᮒᮂ ᮄᮔ᮪ᮓᮧᮔᮨᮞᮤᮃ, ᮞᮨᮓᮀᮊᮔ᮪ ᮇᮛᮀ ᮞᮥᮔ᮪ᮓ ᮞᮨᮔ᮪ᮓᮤᮛᮤ ᮙᮨᮑᮨᮘᮥᮒ᮪ ᮏᮝ ᮘᮛᮒ᮪ ᮓᮨᮍᮔ᮪ ᮞᮨᮘᮥᮒᮔ᮪ ᮒᮔᮂ ᮕᮞᮥᮔ᮪ᮓᮔ᮪ ᮃᮒᮅ ᮘᮥᮙᮤ ᮕᮛᮠᮡᮍᮔ᮪. ᮠᮒᮥᮁ ᮔᮥᮠᮥᮔ᮪ 🙏 ᮛᮠᮚᮥ

    Chery ChaplinChery Chaplin2 bulan yang lalu
  • Hai aku juga orang sunda moga lebih kenal ke budaya sunda ya kak😁😊 Yang budaya nya sunda acungkan jempol nya👍

    Heru HerdianHeru Herdian2 bulan yang lalu
  • Kakak teh dari korea..cover lagu bendera dong dari coklat band..buat nyambut hari kemerdekaan indonesia😊😊😊 MERDEKA KK

    LHANCHAH chenelLHANCHAH chenel2 bulan yang lalu
  • Dipersunting itu di nikahi 😁

    NR loversNR lovers2 bulan yang lalu
  • Ka aku ngefans banget sama kaka ~salam dari orang sunda~

    fazryna asela putri 2019fazryna asela putri 20192 bulan yang lalu
  • Kak mau tau reaction Kaka cari tau tentang budaya Betawi dong kak🙏🙏🙏🙏

    Rizka CaherunissaRizka Caherunissa2 bulan yang lalu
  • Di persunting maksudnya di kawin kan atau Nikah...

    raka 73raka 732 bulan yang lalu
  • Reaction video 10 suku terbesar di Indonesia [ Link Video:idworlds.info/from/3NFrbLfOmZaUYKs/video ]

    AHMAD SYOLEHAHMAD SYOLEH2 bulan yang lalu
  • PLEASE REACT "MLI BAHAYA MENGANGGUR (The Danger Of Being Unemployed)" !!! PLEASE idworlds.info/from/q9qkhpuWqYiIkpY/video ITS TRENDING NOW IN INDONESIA setuju upp!

    Amirull Ashab Al AzharAmirull Ashab Al Azhar2 bulan yang lalu
  • ka bljr bhasa sunda dong cara pengucapan ny , seru ni pasti nya😅

    nadia nazwanadia nazwa2 bulan yang lalu
  • Hatur nuhun bukan hatur nuwun Sist 😅 dipersunting itu di nikahi/dilamar karena cantik hahhaa, angklung dan Arumba / degung dari Sunda. Jika kalian mau ke Bandung coba datang ke saung udjo kalian disana akan lihat cara bermain angklung dan kalian akan bermain dengan anak anak kecil menari dan bermain angklung 🤗

    Reren's VlogReren's Vlog2 bulan yang lalu
  • Selalu ingin ada disamping kalian buat ngejelasin makna nya sebelum kalian salah arti😂 . Dipersunting itu di nikahkan

    Nadiya RiskyaniNadiya Riskyani2 bulan yang lalu
  • Aaa makasih sudah bilang kami cantik salam orang sunda

    Auliya 1912Auliya 19122 bulan yang lalu
  • Orng yang gk bisa sunda pasti pusing dengan kata " teteh ari teth nuju nge teh teteh ? "

    rara chanelrara chanel3 bulan yang lalu
  • Bahas pulau kalimantan dan seni budaya nya.

    uluh ngajuuluh ngaju3 bulan yang lalu
  • Orang Sunda Garelis Sareng Karasep Resep Ka Hereuy Murah Senyum Salam dari Bandung Kakak2

    Abdul MujibAbdul Mujib3 bulan yang lalu
  • assalamualaikum .sunda hadir teh dr banten

    Opic SyaputraOpic Syaputra3 bulan yang lalu
  • Tonton video suku yg lain dong..kan Indonesia banyak suku..mulai sumatera sampe Papua...biar orang WNA tau tentang suku 2 diindonesia

    ARIE SUFIAN SUFIANARIE SUFIAN SUFIAN3 bulan yang lalu
  • mungkin orang yang kalian temui di jakarta dan sekitarnya itu adalah orang sunda,karena itu daerah suku sunda,,, dan orang sundah lebih ramah dan lebih lembut dari orang jawa,,,

    bandar nangkabandar nangka3 bulan yang lalu
  • Aku orang batak tinggal di bandung jd aku mo ngasih tau aja sunda itu kya jawa yg ke2

    Donal RoyDonal Roy3 bulan yang lalu
  • D persunting artinya di nikahi

    Tedi SupendiTedi Supendi3 bulan yang lalu
  • iya jawa barat(sukunya suku sunda) itu pulau jawa, bandung itu ibukota jawa barat dan kalo orang jawa barat walaupun di pulau jawa tapi ngga dipanghil orang jawa ngga kaya jawa timur sama jawa tengah yang di panggil orang jawa Dan kalo orang sunda kalo ngomong pasti ada kata "mah" sama "teh" contohnya : akumah suka banget sama itu / aku teh kan kemarin pergi. Dan kalo orang indonesia emang ramah cuman kalo orang sunda terkenal "someah" atau ramah dan baik gitu karena orang sunda "silih asah silih asih silih asuh" dan sunda juga punya aksara sunda

    Ririn Antya OkhviRirin Antya Okhvi3 bulan yang lalu
  • Orang sunda biasa makan sayuran mentah dan daun muda seperti daun jambu daun mangga dll karna di percaya bisa untuk awet muda dan mencerahkan kulit itulah yg dinamakan lalapan biasa dimakan dengan sambal dan nasi sebagai lauk pendamping ikan

    rudal indonesiarudal indonesia3 bulan yang lalu
  • Mamaneh welah. LOL.

    Aden FauzanAden Fauzan3 bulan yang lalu
  • Sampurasun Bangsa sunda,...

    Liyan DarmawanLiyan Darmawan3 bulan yang lalu
  • SALAM SUNDA,.. SAMPURASUN,..BUDAYA SUNDA

    Liyan DarmawanLiyan Darmawan3 bulan yang lalu
  • Orang Sunda itu KREATiF !! idworlds.info/from/n9BneaqTm5qeebM/video idworlds.info/from/tt2Tn8_ZnoWKadE/video

    Abiel HakeemAbiel Hakeem3 bulan yang lalu
  • jawa barat budaya sunda kalo jawa tengah dan jawa timur itu budaya jawa ,jadi jawa barat itu budaya nya sunda

    Luffy BakaLuffy Baka3 bulan yang lalu
IDworlds