ETIKA KOREA & INDONESIA BEDA YA BUND ft. @Borassaem : OfCOS TV @Danielle Lee Ai

17 Nov 2020
303 988 Ditonton

#budayaKorea #budayaIndonesia #인도네시아예절 #한국예절 #etikaKorea
Hai guys! Kali ini aku collab bareng onni onni cantik wkwk kita mo debut nih gengs gimana dong
Business inquiries:
IG: @pris421
Email: prayer421@gmail.com

Komentar
  • Ehh bukan kek gitu juga.. emng semua orang korea ramah... enggak kan... di indonesia sama juga ada yang enggak ramah.... semua itu tergantung orangnya... Maaf gue lagi marah ni masak indonesia dibilangin jorok dan enggak ramah sih.... jadi setiap negara itu pasti ada yg enggak ramah sama ada yang jorok juga y mbak mbak.. saya orang indonesia merasa dihina...

    Arga TirtaArga Tirta55 menit yang lalu
  • Salah orang INDONESIA nih yg di ajak vodcash , mereka berdua kurang berpengalaman dan berpengetahuan kaya nya tentang kehidupan di berbagai daerah dan umum nya INDONESIA

    Hiburan IndonesiaHiburan Indonesia3 jam yang lalu
  • Biasanya klo adat jawa waktu makan bareng gitu kumpul satu kluarga.. Di mulai dari orang yg lebih tua dulu.. Biasanyaa sih gituu... Cmn sekarang sekarang aja kann mulai ngga kebiasaan kyk gituu wkwkwkwk

    Laura EvtamaLaura Evtama13 jam yang lalu
  • Aku kalau di sekolah suka makan angkat kaki,tapi kalau makan nya bareng cewek

    Sofia RamadaniSofia Ramadani13 jam yang lalu
  • Ini dari pendapat pribadiku, kalo aku ya suka gak suka nonton mukbang wkwk. Suara ngecap dan nyeruputnya bikin geli dan (maaf) jorok dari pandanganku. Kali aja ada vlogger makanan disini yg baca komenku :v kalo lu bikin mukbang gak perlu ngikutin kekoreannya gk papa gw dukung, gk mesti ikutin ngecap dan nyeruput krn klo penonton yg lu tuju itu org indo, ya tetep pake etika makan indo yak biar netizen itu gak ngeblur etika makannya :) dan makin etika makannya makin kejaga dan kuat.

    Maria UlfahMaria Ulfah13 jam yang lalu
  • Duduk selonjoran itu ga boleh kalau telapak kakinya menghadap ke orang lain, apalagi yg lebih tua...

    Rumah MelatiRumah Melati16 jam yang lalu
  • Mohon maaf sebagai tambahan aja, kalau aku diajarin itu salim sama orang yang lebih tua+dikenal, kadang kalau lagi jalan sama temen atau siapa ketemu orang yang lebih tua walau kita gak kenal tapi orang yang bareng kita kenal kita harus tetep salim, terus kalau mau ngelewatin orang, terutama orang yang kita kenal itu harus nunduk sama senyum terus ngomong permisi (biasa diganti sama bahasa daerah, karena aku dari Sunda jadi bilangnya punten), terus yang makan kaki diangkat itu gak sopan kalau bukan di rumah sama keluarga doang (terutama perempuan, kalau laki laki masih ada beberapa yang gak peduli tempat), terus makan atau minum gak boleh ada bunyinya kalau ada bunyinya suka dimarahin, gue kalau minum suka ada bunyinya jadi sering dimarahin emak wkwkwkwkwk, terus kalau zaman dulu di Jawa atau di keluarga yang termasuk "kolot" itu biasanya makan harus nunggu kepala keluarga makan, sekian terima gaji mohon maaf kalau ada kesalahan kata

    nniss artnniss art16 jam yang lalu
  • Kak maap maap nih sebelumnya sebenernya diINDONESIA juga ada yg makan dulu yg lebih tua kak contoh keluarga aku kak🙏🙏👍👍

    Bana DivaBana Diva18 jam yang lalu
  • Ketika orng indo gx tau etika negri sendiri ??

    RX- KUBANGRX- KUBANG19 jam yang lalu
  • OMG!!!

    pandji bintoropandji bintoro21 jam yang lalu
  • 1:34 ngakak banget wkwkw

    -_- apa-_- apa21 jam yang lalu
  • KALIAN BERUNTUNG DI INDONESIA DATENG KE RUMAH ORANG DAPET MONGO WKWKWK

    Sigit SusiloSigit Susilo21 jam yang lalu
  • Kak borassem suka banget deh mah kak borassem💗

    Aurellia SabrinaAurellia Sabrina23 jam yang lalu
  • Tapi gak begitu kali orang jawa ,aku orang jawa

    wanda sariwanda sari23 jam yang lalu
  • Udel itu kan bhs Jawa 😂😂😀

    Dewi FebrianiDewi Febriani23 jam yang lalu
  • budaya salim di Jawa untuk orang yang dihormati, misal: ortu, guru, saudara yg lebih tua, nenek/kakek dll. salim itu cium tangan bukan nempelin ke pipi/kening

    KenzoKenzo23 jam yang lalu
  • Suka bngett, lol😂 salam udel..

    emah tiahahuemah tiahahu23 jam yang lalu
  • Maaf sebelumnya ini blom pantes buat ngomongin adat indonesia belom banyak pengetahuannya jadi asal jawab kebanyakan salah

    Acek ankasAcek ankasHari Yang lalu
  • Eleh bohing bgt buktinya yg mukbang korea banyaj yg nyeruput di mangkok

    Acek ankasAcek ankasHari Yang lalu
    • Itu kan mukbang pak, untuk hiburan & entertainment, bukan makan di tempat umum atau dengan orang2 kantor yang harus sopan

      Priscilla LeePriscilla LeeHari Yang lalu
  • Tolong masker ku retakkkkkkk

    Mutiara SannaMutiara SannaHari Yang lalu
  • Collab sama mas hansol dong

    Aldo DodoAldo DodoHari Yang lalu
  • Kakk satu lagii kalo di indo mau ngapa2in pake tangan kanannn

    nurrfauzziyah tjajanurrfauzziyah tjajaHari Yang lalu
  • kalo keluarga besar aku si 1.Salim sama yang lebih tua tp kalo sm kaka emg ga si 2.pas makam bareng yang mudaan nyiapin makanan kaya ngasi nasi ngasi lauk gt 3.kalo orgtua duduk dibawah anak gabole duduk di atas 4.kalo ketemu orang yang baru dikenal ya senyum trus nanya ini tante apa gmn 5.makan gabole bersuara sama angkat kaki

    Rosannadewrs _Rosannadewrs _Hari Yang lalu
  • Kalau mendahulukan orang yang lebih tua yang makan sebagian daerah ada seperti itu

    Mat RoyalMat RoyalHari Yang lalu
  • Penjelasannya lebih lengkap dikomentar kak pricill drpd sama temen2nya

    Aprilia Kristianing NAprilia Kristianing NHari Yang lalu
  • Klo Indonesia salamnya mah hnya Angkat kening aja udah. Simple aj.

    Hairil MokodompisHairil MokodompisHari Yang lalu
  • Etika atau etiket? Wkwkwk dikira mau nonton konser kali eon pake etiket 😂😂😂

    Andini FaraAndini FaraHari Yang lalu
  • Namanya juga Indonesia Bun..mau ad banjir mau demo yg penting santuy..slur

    empussempussHari Yang lalu
  • 3.06 Bengek we😭

    Via KaruniaVia KaruniaHari Yang lalu
  • 3:36 Klo dikeluargaku malah yg muda makan duluan soalnyaaaa Selalu kalo yg tua disuruh makan dulu pasti jawabnya "makan duluan, nanti baru .... (nama) makan" Pas sudah selesai makan, baru ditawar lagi "ini makan lahh, .... (nama) sudah makan" Malah jawabnya "makan sudah itu, habiskan saja, ... (nama) sudah kenyang" (padahal dari tadi blum makan samsek) Kadang juga jawabnya "makan saja itu makanan sampe habis, nanti baru ... (nama) makan pake telur" Yaaa begitulah... tapi ga selalu begitu sihh, kadang juga kalo ditawar disuruh makan langsung makan

    Kpopers IndonesiaKpopers IndonesiaHari Yang lalu
  • K2 reicen lg minang donk ynk baru sekali2 ada ynk baru

    Iwan FirmansyahIwan FirmansyahHari Yang lalu
  • Ngakak banget waktu kak borassaem salim 🤣

    nabilla khalishanabilla khalishaHari Yang lalu
  • Korea juga parah parah lah yang setuju like 👇 ya

    Yuliana AjaYuliana AjaHari Yang lalu
  • Kasian soekarno berjuang untuk indonesia tapi rakyatnya melupakan budaya

    RetRo CellRetRo CellHari Yang lalu
    • Kasian seokarno udah berjuang tapi rakyatnya kgak bisa toleransi

      na Jeaminna JeaminHari Yang lalu
  • Ga sopan tuh 2 cewek indo kok jawabanya salah semua sih

    RetRo CellRetRo CellHari Yang lalu
    • Iya bener, menurut gua jawabannya banyak yang salah juga

      Daffa Lathif IlhamDaffa Lathif IlhamHari Yang lalu
  • Itu yg indo gak tau apa apa kak dia gak tau kalo salam cium tangan itu untuk menghormati yg lebih tua bukan sebatas

    RetRo CellRetRo CellHari Yang lalu
  • Anak sudah mulai aktif ya bundd

    four leaf clover !four leaf clover !Hari Yang lalu
    • Iya ya bund😌

      Priscilla LeePriscilla LeeHari Yang lalu
  • 00:57 Bengek 🤣🤣

    ibal's gamingibal's gamingHari Yang lalu
  • Jadi reseppp wkwk😂

    RAHAYU officialRAHAYU officialHari Yang lalu
  • Mau nambahin aja buat yang sopan santun mubgkin kak ai sama kak bora lupa hehehe,, kalau setauku itu kalau ketemu orang misal guru kita harus senyum sambil menganggukkan kepala, biasanya sambil menyapa misal selamat pagi bapak, selamat pagi bu, gitu sih menurutku wkwkwk

    Venus aVenus aHari Yang lalu
  • kak, org tua makan dulu masih di adat jawa dan bbrp di sumatra.

    spider webspider webHari Yang lalu
  • Mkn pake kecap sm telor ceplok dilumeri mentega..udah knyaang tp kl mkn etikanya ga boleh mkn berbunyi dan mkn smbil jln2

    Lilis ZefanyaLilis ZefanyaHari Yang lalu
  • Baru mau liat eeh ada iklan bts BE yaudah tak tengok sampai habis iklannya 😭

    Jari kelingking Chim chimJari kelingking Chim chimHari Yang lalu
  • Tuh cewe 2 bkn org indonesia ya Budaya di indonesia kan salim itu di lakukan buat org yg lbih tua atau di hormati lah..

    Re Kopites 22Re Kopites 22Hari Yang lalu
  • Kalau dirumahku makan dahulukan orgtua dan org yg lebih tua, atau selalu makan bareng, dirumahku juga ga boleh makan ngangkat kaki itu ga sopan, aku makan ngangkat/ngelipat kaki satu, pas dikost kalo lagi ga bareng sama orgtua, rasanya nikmat si makan kaki dilipet gitu wkwk

    Cut DamiaCut DamiaHari Yang lalu
  • 0:00 :udh nyampe korea donk ... TARIK SIS !! Semongko .. pikir - pikir kita (indo) yg mendunia.. atau korea yg melocal ?😂👍 9:32 :Ah Mantap ~👁👅👁

    Maya YukariMaya Yukari2 hari yang lalu
  • Eh anjir rupanya bisa bahasa indo semua kukira g bisa indo ,

    SKG alfinSKG alfin2 hari yang lalu
  • ngakak banget pas bagian .salam ud3l.😂😂😂😭

    Liontin AngelicaLiontin Angelica2 hari yang lalu
  • Bukan Bora kalau nggak Bobrok 🤣🤣

    LIANA umi aimanLIANA umi aiman2 hari yang lalu
  • semongko imnida🤣

    XD Dhea Nasyandha AXD Dhea Nasyandha A2 hari yang lalu
  • Part 2 nya kagak ada nihh

    Syahrul Ramadhan XII PSPTSyahrul Ramadhan XII PSPT2 hari yang lalu
  • Waduh, mendalami tiktok bgt nih bund:v😂

    Nguhea paNguhea pa2 hari yang lalu
  • Absen eoni deuul😭😭😭 hampura telat nontooon😭😭😭

    suya hanasuya hana2 hari yang lalu
  • Ngakak woiiiii

    Anggia G.SAnggia G.S2 hari yang lalu
  • Jangan pernah samakan adat orang Indonesia dengan Korea, karena menurut saya Indonesia itu beragam budaya,suku, dan ras. Karena Indonesia itu kaya akan budaya yang beragam. Jangan pernah samakan dengan Korea 😠😠👈👈 mikir Sis

    Chrisandi Ferdinan OfficialChrisandi Ferdinan Official2 hari yang lalu
  • Salam ke smua yg lebih tua, ga guru atau org tua aja. Trus makan juga katanya si ya, kalo misal lagi bareng, orang tua duluan baru anak anak. Makan juga ada yg blng gblh di angkat piringny itu aja si

    Avril ChannelAvril Channel2 hari yang lalu
  • Klo di indo bru pertm ketemu naikin alis tambah "hai" :v

    nurul ani arifahnurul ani arifah2 hari yang lalu
  • 00:57 ceo be like : ni orang sakit kah? Atau kesurupan?

    origami that easy with meorigami that easy with me2 hari yang lalu
  • Iya ih. Gw sbel sama mukbang . Aplgi kalo asmr😭 gatel dikuping👍🏻

    Chinthia CahayaChinthia Cahaya2 hari yang lalu
  • Borasaem mukanya kaga ada korea koreanya

    Laila NoviyantiLaila Noviyanti2 hari yang lalu
  • kalo di jawa biasanya ada keluarga yang kalo makan hrus nawarin dlu, jdi kalo lgi kumpul paling bilang "makan semua" atau ga pas lgi dikeluarga sendiri nyebutin nama

    soush trasheusoush trasheu2 hari yang lalu
  • SECRET BODY TALL CHINESE ARTIST AND IDOL, s.lazada.co.id/s.cFA14

    my healthymy healthy2 hari yang lalu
  • Waktu eyang masih ada kami harus makan brg 1 meja, yang ambil yg lebih sepuh dulu. Tapi skrg udah gak gtu, karena sibuk sendiri2.

    riri storeriri store2 hari yang lalu
  • Itu mbaknya orang kota jadi ga tau cium tangan bukan hanya pada orang tua dn guru aja tapi juga pada orang2 yg dihormati seperti ulama dn orang yg lebih tua seperti kakak kadung atau keluarga lainnya. Orang melayu juga diajarin begitu sama orang tua dan cium tangan bukan dikening tapi dihidung bukan hanya cium tangan aja kalau lewat didepan orang yg lebih tua juga badan harus agak membungkuk sambil mengucapkan permisi saya mau lewat karna kalau lewat gitu aja itu ga sopan. Nah kalau makan piringnya diangkat mungkin karna kebiasaan orang Indonesia kalau makan suka duduk dilantai kali ya jadi piringnya suka diangkat biar nyaman kalau piringnya dibawahkan susah juga capek punggung nunduk terus. Intinya semua orang Indonesia adatnya hampir sama cuma anak2 jaman sekarang udah jarang ngikutin etika sopan santun yg diajarkan orang tua dulu kecuali anak2 pesantren

    Nisa newNisa new2 hari yang lalu
  • Kak mau tanya kalo di Indonesia dipanggilnya ketua kalo di Korea itu Ko juang Nim ato apa

    John SuwantoJohn Suwanto2 hari yang lalu
  • Guru/orang tua terkadang nunduk juga tapi gak sampe 90° kok:) (cuma sedikit memberi tahu)

    anonymus peopleanonymus people2 hari yang lalu
  • Thumbnail nya gitu amat yak? Di Indonesia gk sopan yak?

    Milk ShakeMilk Shake2 hari yang lalu
  • Bentar bentar kak Bora itu orang jawa ternyata omg baru tau , di channel nya kak Bora gak ada nyarinya di sini 😂🤣

    Sasa ElekSasa Elek2 hari yang lalu
  • Tapi orang Sunda duduknya gak semua sila.. sila itu buat laki laki.. Kalau Perempuan harus menutup bagian kemaluan.. namanya EMOK, kakinya di lipat ke kanan atau ke kiri... Tolong cari informasi nya di google aja ya.. takut gak paham hehe... Tapi aku seru nontonnya❤️😘😘

    Siti ShofaSiti Shofa2 hari yang lalu
  • Kalo indonesia yang kaki diangkat itu gpp kak soalnya itu katanya sunah rasull

    Melany Aprilia SMelany Aprilia S2 hari yang lalu
  • Side dish kita si antara Lalapan sama Kerupuk 😂

    Park Dee ToPark Dee To3 hari yang lalu
  • Korea: Annyeonghaseo🙏 Indo: Woy anjing! Masih idup lu?😭

    •Slyhterin Of draco ••Slyhterin Of draco •3 hari yang lalu
  • Buat orang indo yang bilang korea rasis gini gua kasih tau,orang Korea berpikir bangsa mereka hanya satu jenis saja, etnis tunggal, atau mono(단 핵증) etnis yakni cuma penduduk dengan ciri bangsa Korea yakni kulit putih pias dan mata sipit. Mereka penduduk Korea tidak dapat menerima etnis berbeda selain diri mereka. Etnis berbeda akan jadi sasaran diolok-olok atau direndahkan disana,jangan bilang korea rasis indo juga sama rasis nya,lihat di chenel nya mli tentang rasis di indo.

    Muhamad Sahrul kasep Anak manusiaMuhamad Sahrul kasep Anak manusia3 hari yang lalu
    • @Priscilla Lee ka banyak loh orang indo yng bilang orang korea itu plastik apakah anda tidak marah

      Muhamad Sahrul kasep Anak manusiaMuhamad Sahrul kasep Anak manusia3 hari yang lalu
    • Kayanya dimana mana pasti ada orang yang rasis🥺

      Priscilla LeePriscilla Lee3 hari yang lalu
  • Beda budaya.. Tapi orang Islam dimanapun itu, orang manapun itu, dilarang menunduk atau membungkuk ke makhluk. ( HR. At-Tirmidzi no. 2728). Orang korea yg Islam, yg paham, pasti dia juga ga menunduk ya..

    edoasetyawanedoasetyawan3 hari yang lalu
  • Nambah masukan nya , klo di sunda klo makan lgi ngumpul, yg tua harus di dulukan entah itu orang tua tw kaka bisa di bilang yg di tua kan soal nya g sopan

    Widia AstutiWidia Astuti3 hari yang lalu
  • Ngakak banget 😂😂

    Lenny MariaLenny Maria3 hari yang lalu
  • 2:33 orang Indo nunduk tuh kadang buat permisi😌💅🏻 3:50 motto idup mak bapak gw : yg penting anak uda kenyang orang tua mah belakangan😭❤️

    Chillz OfficialChillz Official3 hari yang lalu
  • Halah Pasar asia tenggara Mau duit doang Dblkng dikatain Asia tenggara negara jorok negara miskin Btw knp orang korea mukanya sama smua:v

    Joko WidodoJoko Widodo3 hari yang lalu
  • Kalau budaya minum di daerah ku yang nuang yang muda ke tua, terus nuangnya dikit-dikit sambil dengerin yang tua cerita, satu cerita satu tegak minuman

    UwU V destinyUwU V destiny3 hari yang lalu
  • Collab lagi dong kak seruuu

    Shifa Siti FatimahShifa Siti Fatimah3 hari yang lalu
  • Diindonesia sebenarnya ada,budaya orang jawa klu sedang kumpul keluarga orang yg lebih tua makan duluan baru yg muda2 makan.

    Endah PurwantiEndah Purwanti3 hari yang lalu
  • Salah tuh, yg gk salaman sama orng yg gk dikenal tpi lebih tua dri kita. Gw diajarin sama siapapun klo dia umurnya lebih tua ttp salam walaupun kenal dan gk dikenal

    Laurencia EvaLaurencia Eva3 hari yang lalu
  • Sebenernya sebelum korona.. kalo aku sangking udah biasanya salim kdg yng lebih muda pun nga sengaja ke salim. Karena itu udah budaya. Cuma biasanya itu yang dikenal aja, termasuk tetangga dan tamu selama dia lebih tua ya mesti disalim. Nah karena korona jdi skrg cuma nunduk aja sbg tanda hormat

    Cynthia DelimaCynthia Delima3 hari yang lalu
  • Ternyata tentang Etika antara Korea dengan Indonesia hampir sama, perbedaannya dikit saja. Jadi tergantung dengan siapa yang dihadapi dan situasi lokasinya. Let's go, we go to IDworlds "Dhasaki Channel" & Click yaa Subscribe : * idworlds.info/from/nb2Al92Vb5lrq9k/video * idworlds.info/from/mc1_fcOvl2mlq8k/video * idworlds.info/from/styXfrvKq6d3q9E/video

    Akhmad SudaswaraAkhmad Sudaswara3 hari yang lalu
  • 🤣OMG salam udel

    Bunga 07Bunga 073 hari yang lalu
  • Aku ngakak banget yang salam udel sama oh my god kuahnya bagaimana ngakak sumpah😭😭😭

    andin cecanandin cecan3 hari yang lalu
  • Aku asli sumsel "palempang" gak neko neko,cuman satu dimarahin mama,gak boleh makan kenyap kenyap sama habis makan ngeluarin sendawa gede

    Nadiyah MudrikahNadiyah Mudrikah3 hari yang lalu
  • Iya bagus filmnya tapi jangan bilang di teks awalnya korea oke di Indonesia ga sopan dan jorok plis saling menghargai dan jangan bilang begitu..... 🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏😥😥😥

    Lucky SiregarLucky Siregar3 hari yang lalu
  • salim ci tangan it sma org yg lbih tua .. bkn hnya cma sma org tua dan guru aj.. gue d ajaran org tua gue kalau salaman sma yg lbh tua y hrs d tmpelin d kning

    Uzumaki NarutoUzumaki Naruto3 hari yang lalu
  • 예쁜 여자

    satrya pashatisatrya pashati3 hari yang lalu
  • Di jawa setau saya kalau makan juga nggak boleh piringnya di angkat, karena gak sopan

    Devi DamayantiDevi Damayanti3 hari yang lalu
  • Gak bisa dibandingkan Korea & Indonesia, karena Korea itu budayanya homogen, sedangkan Indonesia negara dengan banyak suku & budaya, tiap suku punya budaya yg berbeda.

    Cahya GemilangCahya Gemilang3 hari yang lalu
  • Kalo soal etika makan, Korea sama Minang sama banget etika makannya, yg tua didahuluin, bahkan kalo cuci tangan harus nunggu yg lebih tua selesai makan dan cuci tangan, baru kita bisa cuci tangan, kalo menurut adat Minang kita cuci tangan setelah makan sebelum yg lebih tua selesai makan bisa dibilang kurang ajar juga, kalo ditegur mulai dari teguran paling halus sampai blak-blakan bakal dilontari ama yg lebih tua, ya dari video ini ada kesamaan etika Korea dan Indonesia, bermanfaat sekali

    Jeanna HeavJeanna Heav3 hari yang lalu
  • Salim nyium tangan sama org ga di kenal juga bagus ko malah di anggap anak sopan santun

    pujiana WApujiana WA3 hari yang lalu
  • Kalo hormat sama orang yg terhormat 360°

    Sensus JrSensus Jr3 hari yang lalu
  • Lol

    Dong Young-baeDong Young-bae3 hari yang lalu
  • Ngakak banget😭😭😭

    Ferdi AnsyahFerdi Ansyah3 hari yang lalu
  • Susah amat tinggal di korea kalo di indonesia bebas mau makan duluan minum ambil sendiri makan kaki kemana kemana masih boleh banyak banget aturan nya

    keluarga anggarakeluarga anggara3 hari yang lalu
    • Sumpah banyak aturan di korea

      keluarga anggarakeluarga anggara3 hari yang lalu
  • Kak borasem mirip frislly itu Ga sih kalo kata ku sih mirip

    JUST light Aku cewekJUST light Aku cewek3 hari yang lalu
  • Salam udel hahhahahah😂😂😂

    sel via viasel via via3 hari yang lalu
IDworlds